Evaluasi layanan angkutan umum perkotaan di Kota Kupang

LUAN, PASKALIS MARIO HARDI JUNIOR (2024) Evaluasi layanan angkutan umum perkotaan di Kota Kupang. Other thesis, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta.

[img] Text (Cover)
A._TUGAS_AKHIR_CD[1].pdf

Download (493kB)
[img] Text (BAB 1)
B. BAB I .pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text (BAB 2)
C. BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (BAB 3)
D. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
E. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
F BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
G. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (70kB)
[img] Text (Lampiran)
H. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)

Abstract

Angkutan umum yang ada di Kota Kupang disebut “Bemo”. Bemo merupakan jenis mikrolet dengan kapasitas 12 orang. Bemo yang ada di Kota Kupang dihiasi sedemikian rupa untuk menarik minat penumpang terutama para pelajar. Untuk jalur bemo di Kota Kupang terdapat 22 jalur. Namun ada beberapa trayek yang belum memuaskan harapan masyarakat Kota Kupang. Bemo merupakan salah satu pilihan transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Kota Kupang, dalam perjalanan sehari – hari. Namun pengguna angkutan umum pada masa sekarang ini cenderung menurun, menurunnya pengguna angkutan umum terjadi karena beberapa masalah, seperti kurangnya kualitas layanan, keselamatan, kenyamanan, efisiensi, maupun faktor – faktor yang mempengaruhi layanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi layanan angkutan umum perkotaan di Kota Kupang. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan analisis spasial dari tabel serta grafik dengan pengumpulan data melalui obsevasi pada sarana prasarana angkutan umum, wawancara kepada pihak penanggung jawab, serta pengisian kuesioner kepada 100 responden. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa berdasarkan data dan informasi yang telah dikumpulkan, maka layanan angkutan umum dibeberapa trayek/rute di Kota Kupang dapat disimpulkan bahwa: 1. Pelayanan angkutan umum di Kota Kupang sudah cukup baik dan sudah memenuhi kebutuhan pengguna angkutan umum, 2. Keteraturan. Dari analisis yang telah dilakukan terlihat bahwa angkutan umum masih menjadi tantangan bagi pemerintah Kota Kupang agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna angkutan umum khususnya bagi penumpang angkutan umum Kota Kupang. Rata – rata jawaban pengguna angkutan umum Kota Kupang menjawab dengan presentase 68%, hal ini disebabkan ada beberapa kendala yang masih harus ditingkatkan seperti kondisi angkutan umum yang terbilang cukup tua dan pemakaian kaca film pada angkutan umum yang terbilang kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: transportasi, angkutan kota, kinerja pelayanan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Teknik & Perencanaan > Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: hardita - wijaya
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:05
Last Modified: 09 Sep 2024 07:05
URI: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4994

Actions (login required)

View Item View Item