ILHAM 110016014, MOH. (2022) Pengaruh putar balik (u-turn) terhadap kinerja ruas jalan Laksda Adisutjipto Yogyakarta (studi kasus u-turn KM. 6). Other thesis, ITNY.
Text (Bab I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (cover)
COVER.pdf Download (47kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) |
|
Text (Halaman)
halaman.pdf Download (826kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pada Ruas Jalan Laksda Adisutjipto memiliki beberapa titik bukaan median yang
memungkinkan kendaraan merubah arah perjalanan, dengan adanya fasilitas U-Turn maka
kecepatan kendaraan akan mengalami penurunan yang mana akan menyebabkan kemacetan serta
potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas semakin besar, sehingga penelitian ini bertujuan untuk
mengevaluasi kinerja ruas jalan akibat U-Turn dan menganalisa waktu tempuh rata-rata dan waktu
tundaan pada bukaan median di ruas jalan tersebut serta mengetahui rasio arus lalu lintas pada ruas
jalan tersebut.
penelitian ini berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) dengan
pengambilan data menggunakan data primer dan sekunder, pengambilan data dilaksanakan selama
3 hari yaitu Hari Sabtu, Minggu, dan Senin.
Hasil penelitian menunjukkan arus lalu lintas sebelumU-Turn ke arah Barat sebesar
2716,4 smp/jam dan ke arah Timur sebesar 2113,35, pada penelitian di lokasi studi diperoleh
kategori kelas hambatan samping sangat rendah, kecepatan arus bebas sebesar 63,20 km/jam dengan
kapasitas jalan sebesar 3817,75 smp/jam. Dari hasil analisa pengaruh fasilitas U-Turn, terhadap
kinerja jalan menunjukkan derajat kejenuhan pada lokasi studi sebesar 0,66 untuk ke arah Timur
dan 0,60 ke arah Barat dengan total 1,26, kecepatan tempuh ke arah Timur sebesar 56 km/jam lebih
kecil 37,19% dan kecepatan ke arah Barat sebesar 41,54 km/jam lebih kecil 20%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja, Ruas Jalan, U-Turn. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil |
Depositing User: | Dwi Lestari Lestari |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 02:50 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 02:50 |
URI: | https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4308 |
Actions (login required)
View Item |