SURYANI / 710017181, DWI (2022) Evaluasi jalan angkut tambang berdasarkan geometri dan daya dukung material terhadap produktvitas di site 2 PT Harmak Indonesia Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, daerah Istimewa Yogyakarta. Other thesis, ITNY.
Text (Bab I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
|
Text (Bab II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (863kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (578kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Jalan angkut dari front penambangan menuju stockpile area di PT. Harmak
Indonesia merupakan jalan angkut dua jalur. Setelah dilakukan pengamatan di
lapangan terdapat beberapa segmen yang lebar jalannya belum memenuhi standar,
dan terdapat amblasan di beberapa segmen. Melalui penelitian tugas akhir ini, akan
dilakukan evaluasi mengenai geometri jalan angkut berdasarkan spesifikasi alat
angkut terbesar yang melewatinya. Selanjutnya dari evaluasi tersebut didapatkan
hasil yang nantinya akan digunakan untuk menentukan perbaikan dan perkerasan
jalan angkut tambang. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini meliputi
analisa geometri jalan, daya dukung material tanah jalan terhadap beban yang
melewatinya, serta terhadap produktivitas batu andesit. Penelitian dimulai dengan
pengambilan data geometri aktual dan daya dukung tanah jalan (Loose gravel and
sand gravel; compact sand and gravelly; very compact sand – inorganic silt soil:
12.000 lb/ft2
). Kemudian membandingkan dengan standar teoritis, diperoleh
geometri ideal (lebar jalan lurus 6,89 m, lebar jalan tikungan 10,15 m, grade
maksimal 8 %, superelevasi 4 %, dan cross slope 4%). Untuk desain kecepatan alat
angkut dump truck Mitsubishi Fuso HD125PS sebesar 10 km/jam kondisi
bermuatan dan 15 km/jam kondisi kosongan, serta daya daya dukung material tanah
yang diproleh dari distribusi beban maksimum masing-masing roda alat angkut
yang lewat diatasnya yaitu sebesar 14.400 lb/ft
2
. Dapat diketahui bahwa jalan tidak
akan dapat menahan beban unit yang melintas diatasnya dan jalan akan cenderung
sering rusak. Berdasarkan pertimbangan, tidak terlalu disarankan untuk melakukan
perbaikan perkerasan jalan, cukup dengan hanya melakukan pemeliharaan dan
perawatan jalan meliputi grading, compacting dan water spraying. Namun jika
jalan dalam kondisi parah, mengganggu keselamatan kerja dan diharuskan
melakukan perkerasan, maka berdasarkan data CBR yang ada, ketebalan lapisan
perkerasan yang dapat di berikan yaitu 3 lapis diatas subgrade, sebesar 22,8 inch.
Melalui perbaikan kondisi jalan meliputi geometri jalan ideal dan daya dukung
material tanah yang standar, sehingga dapat disimulasikan produktivitas alat angkut
meningkat dari 14.865,82 ton/bulan menjadi 28.273,03 ton/bulan dan mencapai
target produksi yang telah ditentukan yaitu 20.000 ton/bulan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi geometri jalan tambang, daya dukung jalan tambang, produktivitas alat angkut. |
Subjects: | T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy |
Divisions: | Fakultas Teknologi Mineral > Teknik Pertambangan |
Depositing User: | Dwi Lestari Lestari |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 02:57 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 02:57 |
URI: | https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3918 |
Actions (login required)
View Item |