., Sunario (2023) Pengaruh performa mesin yang menggunakan camshaft standar dan camshaft racing pada sepeda motor honda tiger. Other thesis, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta.
Text (Cover)
PENDAHULUAN_2100190009_Sunario.pdf Download (735kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I_2100190009_Sunario.pdf Restricted to Registered users only Download (18kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB II_2100190009_Sunario.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB III_2100190009_Sunario.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB IV_2100190009_Sunario.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB V_2100190009_Sunario.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_2100190009_Sunario.pdf Download (9kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN_2100190009_Sunario.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
Abstract
Motor bakar empat langkah adalah mesin pembakaran dalam, yang dalam satu
kali siklus pembakaran akan mengalami empat langkah piston. Sekarang ini, mesin
pembakaran dalam pada mobil, sepeda motor, truk, pesawat terbang, kapal, alat
berat dan sebagainya, umumnya menggunakan siklus empat langkah. Empat
langkah tersebut meliputi langkah hisap (pemasukan), kompresi, tenaga dan
langkah buang. Yang secara keseluruhan memerlukan dua putaran poros engkol
(crankshaft) persatu siklus pada mesin bensin atau mesin diesel. Camshaft
bertujuan untuk mengatur waktu membuka dan menutup katup pada saat yang tepat,
dimana hal ini bertujuan untuk mengisi silinder dengan campuran bahan bakar dan
udara sebelum terjadi pembakaran dan mengosongkan silinder setelah terjadi proses
pembakaran. Hal tersebut terdengar cukup sejalan, tetapi bagaimana fungsi ini
dilakukan akan memiliki efek yang besar terhadap torsi, daya, jangkauan kerja dan
kemampuan engine. Fungsi dari camshaft ini adalah sebagai pengatur waktu
pembukaan dan penutupan katup masuk/hisap dan katup buang. karena lobe dibagi
menjadi masing-masing 3 bidang yang berbeda, yaitu: heel, nose, base circle.
Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah camshaft standard dan
camshaft racing Camshaft (istilah bengkel (noken as) merupakan salah satu
mekanisme penggerak katup (valve). Di dalam motor empat langkah terdiri dari dua
jenis katup, yaitu katub hisap (intake valve) dan katub buang. Hasil Penelitian ini
menunjukkan pada pengujian daya pada camshaft standard didapatkan pada rpm
6678 sebesar 20.2 HP dan camshaft racing didapatkan pada rpm 8380 sebesar 27.7
HP. Pada pengujian torsi camshaft standard didapatkan pada rpm 5515 sebesar
22,95 NM dan camshaft racing didapatkan pada rpm 4788 sebesar 26.28 NM.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motor Bakar, Camshaft Standard, Camshaft racing, Pengujian Daya, Pengujian Torsi. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik & Perencanaan > Teknik Mesin |
Depositing User: | hardita - wijaya |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 01:26 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 01:26 |
URI: | https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5644 |
Actions (login required)
View Item |