Pengaruh campuran bahan bakar pertalite dan etanol (E10, E20, dan E30) terhadap performa mesin pada motor jenis ‘’X’’

MEO 210016034, ROGASIANUS MARION (2022) Pengaruh campuran bahan bakar pertalite dan etanol (E10, E20, dan E30) terhadap performa mesin pada motor jenis ‘’X’’. Other thesis, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta.

[img] Text (COVER)
cover ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
BAB 2 LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4 HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5 KESIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Pengaruh Campuran Bahan Bakar Pertalite dan Etanol (E10, E20 & E30) Terhadap Performa Mesin Pada Motor Jenis “X”

Rogasianus marion meo
Jurusan Teknik Mesin,
Intitut Teknologi Nasional Yogyakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar unjuk kerja, khususnya daya, torsi, BSFC dan emisi gas buang yang dihasilkan oleh sepeda motor jenis “x” ketika bahan bakar yang berbeda digunakan. Kemudian dapat diketahui daya dan torsi maksimum yang dihasilkan oleh sepeda motor.
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Tiga buah sampel bahan bakar yang berbeda yaitu, E10, E20 dan E30. Masing – masing bahan bakar diuji secara bergantian melalui sepeda motor yang dihubungkan pada dinamometer sasis dengan eddy current brake.
Proses pengujiannya adalah dengan menarik handle gas sampai kecepatan mesin pada RPM maksimum dari sepeda motor tersebut secara perlahan. Saat tercapai RPM maksimum eddy current brake diaktifkan sehingga memberikan beban pada roller yang terhubung dengan roda belakang sepeda motor. Masing – masing bahan bakar dilakukan pengujian minimal sebanyak 10 kali. Setelah itu setiap data pengujian akan terekam dikomputer dan peneliti dapat mengambil data daya dan torsi yang dihasilkan oleh sepeda motor tersebut.

Hasil dari eksperimen ini adalah didapat adalah bahan bakar dengan campuran etanol 30%vol., dan pertalite 80%vol., (E30) menghasilkan daya mesin rata – rata yang paling tinggi sebesar 5,077 HP dibandingkan dengan E10 dan E20 yaitu 4,379 HP dan 4,881 HP serta Pertalite sebesar 4,900 HP. Bahan bakar E80 menghasilkan torsi mesin rata – rata yang paling tinggi sebesar 5,9796 N.m, dibandingkan dengan bahan bakar E10 dan E20 yaitu 5,7078 N.m dan 5,9456 N.m serta bahan bakar pertalite sebesar 5,9596 N.m. Ketiga bahan bakar tersebut memberikan torsi maksimumnya pada kecepatan mesin 4000 RPM. Bahan bakar E30 menghasilkan konsumsi bahan bakar spesifik lebih rendah dibandingkan bahan bakar E10 dan E20 yaitu sebesar 0,96 L/HP. Bahan Bakar E30 menghasilkan emisi gas buang yang rendah dibandingkan E10 dan E20 dengan kadar CO 0.002 gr/km, HC 0,00 gr/km, CO2 0,046 gr/km, O2 0,0214 gr/km dan NOx 0,00 gr/km.

Kata kunci : Etanol, Pertalite, Torsi, Daya, BSFC, Emisi, Mo tor

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Etanol, Pertalite, Torsi, Daya, BSFC, Emisi, Mo tor
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin
Depositing User: Dwi Asih . Widawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:29
Last Modified: 15 Nov 2023 04:29
URI: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4334

Actions (login required)

View Item View Item