EVALUASI JALAN ANGKUT PADA PENAMBANGAN BATU ANDESIT DARI FRONT PENAMBANGAN KE CRUSHER DI PT. HARMAK INDONESIA KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

NURIANA / 710015132, SAPTA (2022) EVALUASI JALAN ANGKUT PADA PENAMBANGAN BATU ANDESIT DARI FRONT PENAMBANGAN KE CRUSHER DI PT. HARMAK INDONESIA KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, ITNY.

[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (93kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] Text (HALAMAN)
HALAMAN.pdf

Download (33kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (418kB)

Abstract

PT. Harmak Indonesia merupakan perusahaan pertambangan yang berada
di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah
Istimewa Yogyakarta. Komoditas tambang batu andesit. penambangan
menggunakan sistem tambang terbuka dengan metode kuari side hill type. pembongkaran dengan Rock Breaker Hyundai 220-95H, pemuatan dengan
Excavator JCB JS205 SC dan pengangkutan dengan Dump Truck Mitsubishi Fuso
HD125PS. Tujuan penelitian yaitu mendapatkan geometri jalan ideal pada jalan
angkut tambang dari front penambangan menuju crusher. Penelitian membahas
tentang geometri jalan dengan metode AASHTO diantaranya: lebar jalan lurus,
lebar tikungan, superelevasi, grade dan cross slope. segmen jalan yang diambil
19, Lebar jalan angkut teori untuk satu jalur 4 meter, lebar jalan aktual pada
segmen 1-19 sudah sesuai dengan lebar antara 4,6 - 7 meter. Terdapat 7 tikungan
jalan dengan lebar jalan 5,5 – 6 meter dan lebar ideal sebesar 5,202 m.
Superelevasi secara teortis idealnya untuk lebar jalan tikungan 5,202 meter adalah
0,04 Sehingga selisih tinggi sisi dalam dan sisi luar tikungan yang harus dibuat
adalah 21 cm. Kemiringan jalan angkut teori idealnya ≤ 8% sedangkan Grade
aktual segmen jalan yang melebihi standar ada 9 segmen Untuk segmen lainnya
Gredenya sudah baik <8 % ada 10. Kemiringan melintang idealnya untuk jalan
angkut lebar 4 m dibuat kemiringan melintang maksimal 80 mm.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: : geometri jalan, grade, cross slope
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknologi Mineral > Teknik Pertambangan
Depositing User: Dwi Lestari Lestari
Date Deposited: 13 Sep 2023 01:49
Last Modified: 13 Sep 2023 01:49
URI: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3943

Actions (login required)

View Item View Item