ANALISIS DINAMIS SISTEM KEMUDI DAN SISTEM PENGEREMAN KENDARAAN TOYOTA AVANZA TIPE G TAHUN 2011

Ferdion Ardiansyach Putra, 210017043 (2022) ANALISIS DINAMIS SISTEM KEMUDI DAN SISTEM PENGEREMAN KENDARAAN TOYOTA AVANZA TIPE G TAHUN 2011. Other thesis, ITNY.

[img] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (158kB)
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB)
Official URL: http://www.library.ac.id

Abstract

eiring dengan kemajuan zaman, kemajuan teknologi pada bidang
otomotif ikut berkembang dengan pesat. Perkembangannya meliputi
berbagai aspek, baik dari segi desain model, teknologi mesin, kenyamanan
suspensi, keamanan dalam berkendara, dan kecanggihan teknologi lainnya
yang dapat ditemui di kendaraan terbaru. Para produsen otomotif mulai
berlomba – lomba untuk menambahkan fitur – fitur canggih pada mobil
terbaru buatan mereka.
Sistem kemudi berfungsi untuk mengatur arah laju kendaraan dengan
membelokkan roda depan sesuai dengan arah yang diinginkan pengemudi.
Sistem kemudi yang bekerja dengan benar akan memberikan pengendalian
kendaraan yang presisi sehingga kendaraan nyaman untuk dikendarai.
Sistem pengereman berfungsi untuk mengurangi kecepatan dan
menghentikan laju kendaraan saat diperlukan. Sistem pengereman ini sangat
penting bagi keselamatan pengendara dan penumpang kendaraan saat
berkendara. Jika sistem ini tidak berfungsi dengan normal bisa
mengakibatkan kendaraaan akan menabrak kendaraan lain atau benda lain di
depan kendaraan tersebut.
Skripsi ini mencakup analisis dinamis, sistem kemudi, dan sistem
pengereman Toyota Avanza tipe G tahun 2011. Hasil dari penelitian ini
mencakup daya maksimal sebesar 91,7 PS lebih kecil dari spesifikasi yang
dikeluarkan pabrikan. Torsi maksimalnya sebesar 134,41 Nm lebih besar
dari spesifikasi yang dikeluarkan pabrikan. Toyota Avanza tipe G tahun
2011 memerlukan waktu 24,87 s untuk mencapai kecepatan maksimalnya.
Toyota Avanza ini memiliki kemampuan menanjak maksimal di jalan
dengan kemiringan 50,99° menggunakan gigi 1. Saat kendaraan berbelok
dengan sudut δi melebihi dari 40° maka selisih sudut δo trapesium dengan
sudut δo Ackerman semakin besar, ini akan menyebabkan kendaraan
memiliki resiko roda akan slip ketika sedang berbelok karena tidak
mencapai kondisi Ackerman yang seharusnya. Proporsi gaya rem bagian
depan dan belakang dari Toyota Avanza tipe G tahun 2011 sebesar 0,425 N
dan 0,576 N. Hal ini menunjukkan bahwa pengereman cenderung ke roda
belakang yang artinya kendaraan akan cenderung understeer saat kendaraan
di rem.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: : Analisis Dinamis, Sistem Kemudi, Sistem Pengereman, Otomotif.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: Dwi Lestari Lestari
Date Deposited: 02 Feb 2023 02:58
Last Modified: 02 Feb 2023 02:58
URI: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3900

Actions (login required)

View Item View Item