Matius Edo Revianto, 210017001 (2021) PENGARUH TEMPERATUR ARTIFICIAL AGING PADUAN AL RECYCLE SCRAP PISTON HONDA TERHADAP KEKERASAN DAN KEKUATAN TARIK. Other thesis, ITNY.
Text (Cover)
1. Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (Abstract)
2. Abstract.pdf Download (37kB) |
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (997kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (937kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (397kB) |
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
xvii
INTISARI
Penggunaan aluminium di dunia industri otomotif semakin meningkat seiring dengan majunya teknologi, seperti pada komponen piston, blok mesin, valve, dan cylinder head. Hal ini mengakibatkan keterbatasan aluminium primer di alam. Upaya mengatasi masalah keterbatasan aluminium tersebut, salah satu usaha yang dilakukan adalah daur ulang. Agar scrap piston Honda bisa digunakan dengan aman, upaya yang dilakukan adalah treatment untuk memperbaiki sifat mekanik aluminium piston hasil pengecoran ulang. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh temperatur proses artificial aging terhadap kekerasan dan kekuatan tarik aluminium recycle scrap piston Honda dan meningkatkan sifat mekanik. Penelitian ini menggunakan bahan aluminium scrap piston Honda, dengan proses perlakukan yang dilakukan adalah solution treatment pada temperatur 475ºC dengan waktu tahan 60 menit, dilanjutkan proses quenching di media air bertemperatur 100ºC selama 15 detik, kemudian dilanjutkan dengan proses artificial aging dengan variasi temperatur 190ºC, 200ºC, dan 210ºC selama 60 menit. Setelah itu, di dinginkan hingga temperatur ruang. Pengujian yang dilakukan adalah uji komposisi kimia, uji struktur mikro, uji kekerasan dan uji tarik. Hasil penelitian komposisi kimia piston Honda mengandung fasa eutectic dimana kandungan Al sebesar 84,93 wt% dan Si 11, 83 wt%. Ingot coran aluminium recycle scrap mengandung fasa hypoeutectic dimana kandungan Al sebesar 91,07 wt% dan Si sebesar 5,43 wt%. Dari komposisi kedua spesimen dikategorikan sebagai aluminium paduan seri 4xx.x. Dari hasil pengamatan struktur mikro terlihat jika semakin tinggi temperatur aging ukuran butir menjadi semakin halus. Nilai hasil kekerasan 190ºC sebesar 101,364 kg/mm2, 200ºC sebesar 128,249 kg/mm2, dan 210ºC sebesar 127,574 kg/mm2. Nilai kekuatan tarik 190ºC sebesar 134,53 MPa, 200ºC sebesar 151,51 MPa, dan 210ºC sebesar 139,78 MPa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aluminium, silikon, recycle, scrap, piston, aging |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Depositing User: | Dwi Lestari Lestari |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 03:00 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 03:00 |
URI: | https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3231 |
Actions (login required)
View Item |