Pengaruh waktu ppengapian terhadap kinerja dan emisi gas buang motor honda vario 110 tahun 2010

Permana P 210016087, Maulidi Singgih (2020) Pengaruh waktu ppengapian terhadap kinerja dan emisi gas buang motor honda vario 110 tahun 2010. Other thesis, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (Halaman pengesahan)
halaman pengesahan.pdf - Published Version

Download (389kB)
[img] Text (Kata pengantar)
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Pengaruh waktu pengapian terhadap kinerja...)
PENGARUH WAKTU PENGAPIAN TERHADAP KINERJA DAN EMISI GAS BUANG MOTOR VARIO 110 TAHUN 2010.pdf - Published Version

Download (113kB)

Abstract

PENGARUH WAKTU PPENGAPIAN TERHADAP KINERJA DAN EMISI GAS BUANG MOTOR HONDA VARIO 110 TAHUN 2010
Mauludi Singgih Permana Putra
Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Institut Teknik Nasional Yogyakarta
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan torsi, daya, emisi gas buang, dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor yang di variasi dengan sudut pengapian 27°, sudut pengapian 29°, dan sudut pengapian 25º. Penelitian dilakukan pada sepeda motor Honda Vario 110cc tahun 2010.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa torsi maksimal dihasilkan sudut pengapian 29º dengan nilai 7,73 Nm pada putaran mesin 6745 rpm, torsi terendah dihasilkan sudut pengapian 25º dengan nilai 3,75 Nm pada putaran mesin 9500 rpm. Daya maksimal di hasilkan sudut pengapian 29º dengan nilai 7,7 Hp pada putaran mesin 7725 rpm dan daya terendah di hasilkan sudut pengapian 25º dengan nilai 4, Hp pada putaran mesin 4500 rpm.
Laju konsumsi terendah dihasilkan sudut pengapian 25º dan laju konsumsi tertinggi dihasilkan sudut pengapian 29º. Untuk hasil uji emisi sudut pengapian 29º menghasilkan Karbonmonoksida dan Hidrokarbon yang lebih sedikit sehingga ramah lingkungan.
Kata kunci : Waktu Pengapian, Torsi, Daya, Emisi Gas Buang, dan Bahan Bakar

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Waktu Pengapian, Torsi, Daya, Emisi Gas Buang, dan Bahan Bakar
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin
Depositing User: Dwi Lestari Lestari
Date Deposited: 17 Nov 2023 03:00
Last Modified: 17 Nov 2023 03:00
URI: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3003

Actions (login required)

View Item View Item