<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengaruh performa mesin yang menggunakan camshaft standar dan camshaft racing pada sepeda motor honda tiger"^^ . "Motor bakar empat langkah adalah mesin pembakaran dalam, yang dalam satu\r\nkali siklus pembakaran akan mengalami empat langkah piston. Sekarang ini, mesin\r\npembakaran dalam pada mobil, sepeda motor, truk, pesawat terbang, kapal, alat\r\nberat dan sebagainya, umumnya menggunakan siklus empat langkah. Empat\r\nlangkah tersebut meliputi langkah hisap (pemasukan), kompresi, tenaga dan\r\nlangkah buang. Yang secara keseluruhan memerlukan dua putaran poros engkol\r\n(crankshaft) persatu siklus pada mesin bensin atau mesin diesel. Camshaft\r\nbertujuan untuk mengatur waktu membuka dan menutup katup pada saat yang tepat,\r\ndimana hal ini bertujuan untuk mengisi silinder dengan campuran bahan bakar dan\r\nudara sebelum terjadi pembakaran dan mengosongkan silinder setelah terjadi proses\r\npembakaran. Hal tersebut terdengar cukup sejalan, tetapi bagaimana fungsi ini\r\ndilakukan akan memiliki efek yang besar terhadap torsi, daya, jangkauan kerja dan\r\nkemampuan engine. Fungsi dari camshaft ini adalah sebagai pengatur waktu\r\npembukaan dan penutupan katup masuk/hisap dan katup buang. karena lobe dibagi\r\nmenjadi masing-masing 3 bidang yang berbeda, yaitu: heel, nose, base circle.\r\nBahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah camshaft standard dan\r\ncamshaft racing Camshaft (istilah bengkel (noken as) merupakan salah satu\r\nmekanisme penggerak katup (valve). Di dalam motor empat langkah terdiri dari dua\r\njenis katup, yaitu katub hisap (intake valve) dan katub buang. Hasil Penelitian ini\r\nmenunjukkan pada pengujian daya pada camshaft standard didapatkan pada rpm\r\n6678 sebesar 20.2 HP dan camshaft racing didapatkan pada rpm 8380 sebesar 27.7\r\nHP. Pada pengujian torsi camshaft standard didapatkan pada rpm 5515 sebesar\r\n22,95 NM dan camshaft racing didapatkan pada rpm 4788 sebesar 26.28 NM."^^ . "2023-07-24" . . . . . . . . . . "Institut Teknologi Nasional Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Teknik dan Perencanaan : Teknik Mesin, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . . . "Dandung Rudy"^^ . "Hartana"^^ . "Dandung Rudy Hartana"^^ . . "Daru"^^ . "Sugati"^^ . "Daru Sugati"^^ . . "Sunario"^^ . "."^^ . "Sunario ."^^ . . . . . . "Pengaruh performa mesin yang menggunakan camshaft standar dan camshaft racing pada sepeda motor honda tiger (Text)"^^ . . . "PENDAHULUAN_2100190009_Sunario.pdf"^^ . . . "Pengaruh performa mesin yang menggunakan camshaft standar dan camshaft racing pada sepeda motor honda tiger (Text)"^^ . . . "Pengaruh performa mesin yang menggunakan camshaft standar dan camshaft racing pada sepeda motor honda tiger (Text)"^^ . . . "Pengaruh performa mesin yang menggunakan camshaft standar dan camshaft racing pada sepeda motor honda tiger (Text)"^^ . . . "Pengaruh performa mesin yang menggunakan camshaft standar dan camshaft racing pada sepeda motor honda tiger (Text)"^^ . . . "Pengaruh performa mesin yang menggunakan camshaft standar dan camshaft racing pada sepeda motor honda tiger (Text)"^^ . . . "Pengaruh performa mesin yang menggunakan camshaft standar dan camshaft racing pada sepeda motor honda tiger (Text)"^^ . . . "DAFTAR PUSTAKA_2100190009_Sunario.pdf"^^ . . . "Pengaruh performa mesin yang menggunakan camshaft standar dan camshaft racing pada sepeda motor honda tiger (Text)"^^ . . "HTML Summary of #5644 \n\nPengaruh performa mesin yang menggunakan camshaft standar dan camshaft racing pada sepeda motor honda tiger\n\n" . "text/html" . . . "TJ Mechanical engineering and machinery"@en . .