%0 Thesis %9 Other %A ., Sunario %B Fakultas Teknik dan Perencanaan : Teknik Mesin %D 2023 %F ITNYREPOID:5644 %I Institut Teknologi Nasional Yogyakarta %K Motor Bakar, Camshaft Standard, Camshaft racing, Pengujian Daya, Pengujian Torsi. %T Pengaruh performa mesin yang menggunakan camshaft standar dan camshaft racing pada sepeda motor honda tiger %U https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5644/ %X Motor bakar empat langkah adalah mesin pembakaran dalam, yang dalam satu kali siklus pembakaran akan mengalami empat langkah piston. Sekarang ini, mesin pembakaran dalam pada mobil, sepeda motor, truk, pesawat terbang, kapal, alat berat dan sebagainya, umumnya menggunakan siklus empat langkah. Empat langkah tersebut meliputi langkah hisap (pemasukan), kompresi, tenaga dan langkah buang. Yang secara keseluruhan memerlukan dua putaran poros engkol (crankshaft) persatu siklus pada mesin bensin atau mesin diesel. Camshaft bertujuan untuk mengatur waktu membuka dan menutup katup pada saat yang tepat, dimana hal ini bertujuan untuk mengisi silinder dengan campuran bahan bakar dan udara sebelum terjadi pembakaran dan mengosongkan silinder setelah terjadi proses pembakaran. Hal tersebut terdengar cukup sejalan, tetapi bagaimana fungsi ini dilakukan akan memiliki efek yang besar terhadap torsi, daya, jangkauan kerja dan kemampuan engine. Fungsi dari camshaft ini adalah sebagai pengatur waktu pembukaan dan penutupan katup masuk/hisap dan katup buang. karena lobe dibagi menjadi masing-masing 3 bidang yang berbeda, yaitu: heel, nose, base circle. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah camshaft standard dan camshaft racing Camshaft (istilah bengkel (noken as) merupakan salah satu mekanisme penggerak katup (valve). Di dalam motor empat langkah terdiri dari dua jenis katup, yaitu katub hisap (intake valve) dan katub buang. Hasil Penelitian ini menunjukkan pada pengujian daya pada camshaft standard didapatkan pada rpm 6678 sebesar 20.2 HP dan camshaft racing didapatkan pada rpm 8380 sebesar 27.7 HP. Pada pengujian torsi camshaft standard didapatkan pada rpm 5515 sebesar 22,95 NM dan camshaft racing didapatkan pada rpm 4788 sebesar 26.28 NM.