%K spark plugs, perform, performance = %D 2023 %X Spark plugs are the most important component in the motorcycle ignition system. The function of the spark plugs in general is so that the motor can turn on. This one component is vital because if there is a problem, the motor cannot be started. The purpose of this study was to determine the ratio of torque, power, fuel consumption and exhaust emissions on a 4 stroke gasoline engine produced from standard and iridium spark plugs. This test uses a Honda Vario 150 2021 motorbike. The test shows that the motorbike works using a dynotest. Tests are carried out alternately for each spark plugs . The performance of a vehicle can be determined by carrying out tests using a device called a dynamometer. With this test, we can find out how much difference standard and iridium spark plugs have on engine performance or the amount of power and torque on a vehicle. The results showed that the maximum power of standard spark plugs at rpm 3816 was 10.5 HP, while the maximum power of iridium spark plugs at rpm 4000 was 11.9 HP. The standard spark plug torque is highest at 3283 rpm of 21.75 NM, while the highest torque of the iridium spark plug is at 2806 rpm of 22.90 NM. Iridium spark plugs average fuel consumption of 1,477 kg/hour while standard spark plugs are 1,039 kg/hour. Iridium spark plugs produce lower Hydrocarbons (HC) of 275 ppm, while standard buses produce Hydrocarbons (HC) of 617 ppm at idle speed. Iridium spark plugs produce lower Carbon Monoxide by 0.48%, while standard spark plugs produce Carbon Monoxide by 0.51% at idle speed = Busi merupakan sebuah komponen terpenting dalam sistem pengapian motor. Fungsi busi pada umumnya supaya motor bisa menyala. Komponen yang satu ini termasuk vital karena kalau sampai bermasalah maka motor tidak akan bisa dinyalakan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbandingan torsi, daya, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada motor bensin 4 langkah yang dihasilkan dari busi standar dan iridium. Pengujian ini menggunakan sepeda motor Honda Vario 150 2021. Pengujian unjuk kerja sepeda motor dilakukan dengan menggunakan dynotest. Pengujian dilakukan secara bergantian untuk masing-masing busi. Performa suatu kendaraan dapat diketahui dengan cara melakukan pengujian menggunakan alat yang bernama dyanamometer, dengan pengujian ini kita dapat mengetahui seberapa besar perbedaan busi standar dan iridium terhadap performa mesin atau besarnya daya dan torsi pada kendaraan. Hasil penelitian menunjukkan Daya tertinggi busi standar pada rpm 3816 sebesar 10,5 HP, sedangkan daya maksimum busi iridium pada rpm 4000 sebesar 11,9 HP. Torsi tertinggi busi standar pada rpm 3283 sebesar 21,75 NM, sedangkan torsi tertinggi busi iridium pada rpm 2806 sebesar 22,90 NM. Busi iridium konsumsi bahan bakar rata-ratanya sebesar 1,477 kg/jam sedangkan busi standar 1,039 kg/jam. Busi iridium menghasilkan Hidrokarbon (HC) lebih rendah sebesar 275 ppm, sedangkan untuk busi standar menghasilkan Hidrokarbon (HC) sebesar 617 ppm pada putaran idle. Busi iridium menghasilkan Karbon Monoksida lebih rendah sebesar 0,48 %, sedangkan untuk busi standar menghasilkan Karbon Monoksida sebesar 0,51 % pada putaran idle. %I Institut Teknologi Nasional Yogyakarta %A Hafizh Dwi Antoro %T \ Analisis performa mesin sepeda motor honda Vario 150 2021 menggunakan busi standar dan iridium terhadap daya, torsi, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang %L ITNYREPOID5622