eprintid: 5476 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 343 dir: disk0/00/00/54/76 datestamp: 2024-10-07 03:08:19 lastmod: 2024-10-07 03:08:19 status_changed: 2024-10-07 03:08:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RIZKI, AL contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sari, Laura Puspita contributors_name: Mukarrom, Faisol title: Kajian teknis produktivitas alat angkut Komatsu HD 785-7 dengan optimalisasi travel speed pada pembongkaran overburden tambang batubara di PT. Mandala Karya Prima Jobsite PT. Mandiri Inti Perkasa Kalimantan Utara ispublished: unpub subjects: TN divisions: teknik_pertambangan keywords: travel speed,productivity, road geometry, cycle time = travel speed, produktivitas alat angkut, geometri jalan, cycle time. abstract: PT. Mandala Karya Prima (PT. MKP) has set a target for overburden stripping productivity of 125 BCM/hour for each Komatsu HD785-7 type of conveyance. Productivity data from observations obtained conveyance productivity of 93 bcm/hour with a speed of 18.57 Km/hour at an average distance of 2.57 km with a circulation time of 23.05 minutes. The purpose of this research is to optimize the speed of the conveyance, where the speed of the conveyance is one of the contributing factors to the failure to achieve the productivity of the conveyance. The factors causing the non-optimal speed of the conveyance both in the condition of the load or empty are the condition of the haul road geometry, travel time, and the load of the conveyance. transportation which includes the width of the haul road, the condition of the road surface, and the grade of the road. Efforts that can be made to increase the speed of the conveyance are to improve the geometry of the haul road where the actual condition of the haul road is 23 meters wide, the haul road grade in segment one is 17%, with uneven road surface conditions. This is done by increasing the width of the road by 24,094 meters with a road grade of 10% and improving the condition of the road surface that accommodates the HD 785-7 type of transportation equipment, setting a minimum improvement from the weight of the equipment to anchors of 91 tons. From these improvements, the optimal speed of the empty conveyance is 26.20 km/hour and the payload is 18.39 km/hour so that the travel speed is 22.30 km/hour. By optimizing the speed of the conveyance and improving the factors inhibiting the speed of the conveyance, the productivity of the conveyance is 155 bcm/hour with a circulation time of 16.94 minutes, thus increasing = PT. Mandala Karya Prima (PT. MKP) menetapkan target produktivitas pengupasan overburden sebesar 125 BCM/jam untuk setiap alat angkut tipe Komatsu HD785-7. Data produktivitas dari hasil pengamatan di dapatkan produktivitas alat angkut sebesar 93 bcm/jam dengan kecepatan 18,57 Km/jam pada jarak tempuh rata-rata 2,57 km dengan waktu edar 23,05 menit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan kecepatan alat angkut, dimana Kecepatan alat angkut menjadi salah satu faktor penyumbang tidak tercapainya produktivitas alat angkut. Faktor –faktor penyebab tidak optimalnya kecepatan alat angkut baik dalam kondisi muatan ataupun kosongan adalah kondisi geometri jalan angkut, waktu tempuh, dan muatan alat angkut. angkut yang meliputi lebar jalan angkut, kondisi permukaan jalan, dan grade jalan. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecepatan alat angkut adalah dengan memperbaiki geometri jalan angkut dimana kondisi aktual lebar jalan angkut 23 meter, grade jalan angkut pada segment satu 17%, dengan kondisi permukaan jalan yang tidak rata. Perbaikan dilakukan dengan menambah lebar jalan 24,094 meter grade jalan menjadi 10% dan memperbaiki kondisi permukaan jalan yang mengakomodir alat angkut tipe HD 785-7, menetapkan minimal dari berat muatan alat angkur sebesar 91 ton. Dari perbaikan tersebut didapatkan kecepatan optimal alat angkut kosongan 26,20 km/jam dan muatan 18,39 km/jam sehingga kecepatan ritase adalah 22,30 km/jam. Dengan pengoptimmalan kecepatan alat angkut dan memperbaiki faktorfaktor penghambat kecepatan alat angkut didapatkan produktivitas alat angkut sebesar 155 bcm/jam dengan waktu edar 16,94 menit, sehingga didapatkan peningkatan. date: 2021-12-13 date_type: completed full_text_status: restricted institution: Institut Teknologi Nasional Yogyakarta department: Fakultas Teknik dan Perencanaan : Teknik Pertambangan thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Anonim. 2013. Komatsu Spesification & Application Handbook, Edition 31. Komatsu Ltd. Anonim. 2009. Performance Handbook, 27th Edition. Japan : Komatsu, Ltd. Bagaskara. 2019. “Analisis Travel speed Alat Angkut Komatsu HD 785-7 Untuk Meningkatkan Produktivitas Pengupasan Overburden Dengan Memperpendek Waktu Tempuh Di PT. Adaro Indonesia, Kalimantan Selatan”. Skripsi. Teknik Pertambangan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta. Fadillah, Ahmad. Dkk. 2020. Kajian Teknis Analisis Resiko Jalan Tambang Batubara PT. Pasir Walannae, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan. Prosiding SEMITAN II. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. Surabaya. Hartman, H. 1987. Introductory Mining Enginering. The University of Alabama. Tuscaloska Alabama. Hustrulid, W. And Kuchta M. 2013. Open Pit Mine Planning & Design Volume 3. A.A. Balkema/Rotterdam/Brookfield. Meilyan, Ahmad Andika. 2018. Analisis Pengaruh Parameter Kompaksi Dan Daya Dukung Tanah Terhadap Kecepatan HD 785 Pada Jalan BOA PT BUKIT ASAM (PERSERO) TBK. Skripsi. Teknik Pertambangan, Universitas Sriwijaya. Palembang. Morgan, W. and Peterson, L. 1968, Determining Shovel-Truck Productivity, Mining Engineering, 76-80, December. Partanto, Projosumanto. 1995. Pemindahan Tanah Mekanis. Departemen Tambang, Institut Teknologi Bandung. Bandung. Peurifoy, Robert L. 2006. Construction Planning, Equipment, and Method, 7 edition, McGraw-Hill, New York. Pfleider, Ep. 1972, Surface Mining, 1 Edition, The American Institute of Mining, Metallurgical, and Petroleum Engineers, Inc., New York, USA. Riyanto, Thoni. Dkk. 2016. Evaluasi Jalan Tambang Berdasarkan Geometri dan Daya Dukung Pada Lapisan Tanah Dasar Pit Tutupan Area Highwall. Jurnal Himasapta, Vol.1, No.2. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin. S. Daniel, Triantoro, N.H. Romla. 2019. Analisis Pengaruh Total Resistance Terhadap Kecepatan Alat Angkut Dump Truck HD 785 Dalam Kegiatan Pengangkutan Overburden. Jurnal GEOSAPTA 5,1. Saputra, Jeka Januar. 2019. Analisis Variabel Cycle time Dumptruck Secara Teoritis, Aktual, Dan Menggunakan Software Talpac Pada Pengupasan Overburden Tambang Batubara PT. KALTIM PRIMA COAL. Skripsi. Teknik Pertambangan. Universitas Sriwijaya. Palembang. Suryaputra, August. 2009. Kajian Teknis Produksi Alat Muat dan Alat Angkut Pada Kegiatan Pengupasan Tanah Penutup PT. Marunda Grahamineral di Kecamatan Laung Tutup, KAbupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah. Skripsi. Teknik Pertambangan , Universitas Pembangunan “Veteran” Yogyakarta. Yogyakarta. Sukirman, Silvia. 1999. Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Bandung Suwandhi,A. 2004. Diklat Perencanaan Tambang Terbuka Seri Perencanaan Jalan Tambang. Universitas Islam Bandung, Bandung Tenriajeng, Andi Tenrisukki.2003. Pemindahan Tanah Mekanis. Penerbit Gunadarma:Jakarta Walter, W. Kaufman and James, C. Ault. 1977. Design of Surface Mine Haulage Road – Manual, United States Departement of The Interior, Berau of Mines Yanto, Indonesianto. 2015. P emindahan Tanah Mekanis. Program Studi Teknik Pertambangan, UPN “Veteran” Yogyakarta. Yogyakarta. citation: RIZKI, AL (2021) Kajian teknis produktivitas alat angkut Komatsu HD 785-7 dengan optimalisasi travel speed pada pembongkaran overburden tambang batubara di PT. Mandala Karya Prima Jobsite PT. Mandiri Inti Perkasa Kalimantan Utara. Other thesis, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta. document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5476/1/Cover%20%282%29_merged%20%281%29.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5476/2/BAB%20I%20%283%29.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5476/3/BAB%20II%20%283%29.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5476/4/BAB%20III%20%282%29.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5476/6/BAB%20IV%20%282%29.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5476/7/BAB%20V%20%282%29.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5476/5/BAB%20VI%20%281%29.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5476/8/JURNAL%20PROMINE%202020-%20AL%20RIZKI.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5476/9/DAFTAR%20PUSTAKA%20%283%29.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5476/10/LAMPIRAN%20%282%29.pdf