%T Perencanaan teknis desain jalan tambang pada PIT C sequence 1 Blok Keuno PT. Djava Berkah Mineral jobsite PT. Bumanik Desa Keuno, kecamatan Petasia Timur, kabupaten Morowali Utara, provinsi Sulawesi Tengah %A SEPTIAN DWI CAHYONO NORI %L ITNYREPOID5334 %X PT Djava Berkah Mineral is one of the companies engaged in nickel mining. The mining system used is an open pit system (surface mining) with a nickel ore production target of 60,000 tons per month. PT Djava Berkah Mineral is currently conducting mining activities and has 3 pits (a,b,c). Pit A has been mined, pit b is being mined and pit c is being land cleared. This study aims to design a mining road by taking into account economic aspects and safety factors and planning the construction of mining roads in terms of mining road geometry, equipment specifications, safety factors, and in terms of road construction costs. From the specifications of the UD Quester CWE 370 truck conveyance, the calculation of road geometry with a length of 456 meters, the width of the haul road on a straight road is 11.25 (plus the width of the trench and safety bench), the width of the cornering road is 10.73 meters, the radius of the bend is 26.05 meters with a maximum road slope of 12% connecting the Main Haul Road (MHR) with pit c sequence 1 = PT. Djava Berkah Mineral merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan nikel. Sistem penambangan yang digunakan yaitu sistem tambang terbuka (surface mining) dengan target produksi bijih nikel sebesar 60.000 ton setiap bulan. PT. Djava Berkah Mineral saat ini sedang melakukan kegiatan penambangan dan memiliki 3 pit (a,b,c). Pit A sudah selesai ditambang, pit b sedang dilakukan penambangan dan pit c sedang dilakukan land clearing. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain jalan tambang dengan memperhatikan aspek ekonomis dan faktor keselamatannya serta merencanakan pembuatan jalan tambang dilihat dari sisi geometri jalan tambang, spesifikasi alat, safety factor, serta dari sisi biaya pembuatan jalan. sDari spesifikasi alat angkut truk UD Quester CWE 370 didapatkan perhitungan geometri jalan dengan panjang 456 meter, lebar jalan angkut pada jalan lurus adalah 11,25 (ditambah lebar parit dan safety bench), lebar jalan menikung adalah 10,73 meter, jari-jari tikungan 26,05 meter dengan kemiringan jalan maksimum 12% yang menghubungkan antara Main Haul Road (MHR) dengan pit c sequence 1. %K Geometri jalan, surface mining %D 2023 %I Institut Teknologi Nasional Yogyakarta