eprintid: 5198 rev_number: 20 eprint_status: archive userid: 343 dir: disk0/00/00/51/98 datestamp: 2024-09-17 04:16:15 lastmod: 2024-09-17 04:16:15 status_changed: 2024-09-17 04:16:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: YULIANTO, UGAY contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Wijaya, R. Andy Erwin contributors_name: Prastowo, Rizqi title: Kajian program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat terhadap kesejahteraan masyarakat di PT. Harmak Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta ispublished: unpub subjects: H1 divisions: teknik_pertambangan keywords: community development and empowerment program (PPM), satisfaction, welfare = program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM), kepuasan, kesejahteraan abstract: The Community Development and Empowerment Program (PPM) is that corporate social responsibility is a belief that managers in carrying out the function of organizing and managing a business will make decisions based on maximizing social and economic interests. The aim is to find out the stages in preparing the Community Development and Empowerment (PPM) program at PT. Harmak Indonesia, to find out how the community is involved in preparing the Community Development and Empowerment Program (PPM) at PT. Harmak Indonesia. Method In carrying out this research, combining literature study with data in the field. So that from both of them a problem solving approach is obtained. In simple random sampling, the sample size was 109 respondents and processed using the SPSS application The research results show that there are 8 program areas, namely education, health, real income, economic independence, social culture, participation in environmental management, institutional formation and long infrastructure. Furthermore, the public's perception of the community development and empowerment program implemented by PT. Harmak Indonesia received the "Not Good" category with a range of 1.74 or the equivalent of 43%, for the community satisfaction aspect it had a "Not Good" result with a range of 1.77 or the equivalent of 44.25% and while for the company's reputation it received the "Not Good" category with a range 1.89 or equivalent to 47.25%. The score obtained from the results of this research is due to a lack of public knowledge and understanding regarding community development and empowerment program activities, so that the community considers that the contribution of the company's presence in community development and empowerment programs is not fully in line with expectations = Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) adalah bukti bahwa tanggung-jawab sosial perusahaan sebagai suatu kepercayaan para manajer dalam menjalankan fungsi mengorganisasi dan mengelola usaha akan membuat keputusan yang didasarkan kepada pemaksimuman kepentingan sosial dan ekonomi. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana tahapan dalam penyusunan program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di PT. Harmak Indonesia, untuk mengetahui bagaimana keterlibatan Masyarakat dalam penyusunan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di PT. Harmak Indonesia. Metode Dalam melaksanakan penelitian ini, menggabungkan antara studi pustaka dengan data-data di lapangan. Sehingga dari keduanya didapat pendekatan penyelesaian masalah. Dalam penentuan sampel secara acak sederhana (simple random sampling) jumlah sampel sebanyak 109 responden dan diolah menggunakan aplikasi spss. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 8 bidang program yaitu pendidikan, kesehatan, pendapatan riil, kemandirian ekonomi, sosial budaya, partisipasi dalam pengelolaan lingkungan, pembentukan kelembagaan dan infrastruktur panjang. Selanjutnya persepsi masyarakat terhadap program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan PT. Harmak Indonesia mendapatkan kategori “Kurang Baik” dengan Range 1.74 atau setara dengan 43%, untuk aspek kepuasan masyarakat memiliki hasil “Kurang Baik” dengan range 1.77 atau setara dengan 44,25% dan sedangkan untuk reputasi perusahaan mendapatkan kategori “Kurang Baik” dengan range 1.89 atau setara dengan 47,25%. skor yang didapatkan dari hasil penelitian ini disebabkan kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang kegiatan program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, sehingga masyarakat menilai bahwa kontribusi dari keberadaan perusahaan dalam program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat belum sepenuhnya sesuai dengan yang diharapkan. date: 2024-07-22 date_type: completed full_text_status: restricted institution: Institut Teknologi Nasional Yogyakarta department: Fakultas Teknik dan Perencanaan : Teknik Pertambangan thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Ambadar, J. 2008. CSR dalam Praktik di Indonesia. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Argenti, P.A. 2010. Komunikasi Korporat. Jakarta : Salemba Humanika Ayu, G. 2013. Pengaruh Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Badrudin, R. 2012. Ekonomika Otonomi Daerah, (Yogyakarta: UUP STIM YKPN, 201333vb2) Baron, D. P. 2006. Business and its environment. Boone, L.E. & Kurtz, D.L. 2002. Pengantar Bisnis. Erlangga: Jakarta Bronn, P.S. 2001. Corporate Social Responsibility and Cause-Related Marketing: an Overview. International Journal of Advertising. Budimanta, A. 2008. Corporate Social Responsibility Alternatif bagi Pembangunan Indonesia Chairi, A. 2008. Kritik Sosial atas Pemakaian Teori dalam Penelitian PengungkapanSosial dan Lingkungan. Jurnl Maksi, vol. 8, no. 2. Elkington, J. 1997. Cannibals with Forks: The Triple Bottom Line in 21st Century Business. United Kingdom: Capstone Publishing Limited. Fajar, M. 2010. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia; Studi tentang Penerapan Ketentuan CSR Pada Perusahaan Multinasional, Swasta Nasional dan BUMN di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Friedman, F. 1984. American Law an Introduction Friedman, F. 2006. Stakeholder: Theory and Practice, Jakarta Ekonomic Business Ghozali, I. 2014. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. UNDIP. Semarang. ISO 26000. 2010. Corporate Social Responsibility. Jalal. 2012. Sejarah dan Perkembangan CSR di Tingkat Global dan Nasional, 62 Lingkar Studi CSR. Bertents. K. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Kanisius: Yogyakarta. Kamil, A. & Herusetya, A. 2012. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Kegiatan Corporate Social Responsibility. Media Riset Akuntansi 2, no. 1. Kiroyan, N. 2006. Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR) adakah kaitan di antara keduanya? Economics Business Accounting Review, Edisi III, SeptemberDesember 2006. Kusuma, R. 2010. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Universitas Diponegoro. Semarang Laporan Keputusan Menteri ESDM, Republik Indonesia, Nomor: 1824 K/30/MEM/2018. Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat keputusan Menteri, Keputusan Menteri ESDM. Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 25 Tahun 2018 tentang Pengusahaan Pertambangan Mineral dan Batubara. Peraturan Menteri ESDM, Republik Indonesia, Nomor 41, Tahun 2016. Tentang Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral Dan Batubara. Riduwan & Sunarto. 2007. PENGANTAR STATISTIKA: Untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta Solihin, I. 2006. Pengantar Bisnis. Kencana: Jakarta Sukirno, Sadono. 2004. Pengantar Bisnis. Kencana: Jakarta Susanto, A.B. 2009, Reputation-Driven Corporate Social Responsibility. Jakarta: Penerbit Erlangga Untung, H.B. 2008. Corporate Social Responsibility. Jakarta: Sinar Grafika Wibisono. 2008. Membedakan Konsep dan Aplikasi CSR. citation: YULIANTO, UGAY (2024) Kajian program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat terhadap kesejahteraan masyarakat di PT. Harmak Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Other thesis, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta. document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5198/1/cover.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5198/2/BAB%20I.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5198/3/BAB%20II.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5198/4/BAB%20III.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5198/5/BAB%20IV.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5198/6/BAB%20V.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5198/7/BAB%20VI.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5198/8/DRAFT%20SKRIPSI%20UGAY%20YULIANTO%20710017008%20DONE.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5198/9/Jurnal%20Ugay%20Yulianto%20710017008.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5198/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf