eprintid: 5112 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 343 dir: disk0/00/00/51/12 datestamp: 2024-09-11 03:29:29 lastmod: 2024-09-11 03:29:29 status_changed: 2024-09-11 03:29:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: BERE, JOHANES contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Nurkukuh, Dwi Kunto contributors_name: Kurniawati, Amithya Irma title: Persepsi masyarakat terhadap keberadaan reklame di koridor jalan Kabupaten Sleman ispublished: unpub subjects: HN divisions: PWK keywords: Public perception and the existence of billboards = Persepsi masyarakat dan keberadaan reklame abstract: Billboard is one of the outdoor media that has the goal of conveying a message about a product or service and even individuals who want to boost its popularity. In Yogyakarta, the presence of billboard media is not a new thing. The existence of this advertisement media is widely found in commercial areas (trade and service areas) such as in Sleman Regency, especially Selokan Mataram, Seturan, Kaliurang, Magelang, Colombo, Affandi and Laksana Adisucipto. The large number of media advertisements that are not arranged neatly reduces the natural beauty and disorder of the city and creates visual distortions for road users, especially for pedestrians and motorists. The purpose of this study was to determine the public's perception of the existence of billboards in the road corridors of Sleman Regency. To find out the public's perception of the existence of these billboards, the researcher used a quantitative descriptive analysis method. The type of data in this study is primary data, namely the data collection technique using a questionnaire. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis techniques. With the help of the SPSS program application. The results of the study show that first, the variable of the existence of billboards simultaneously has an influence on the variable of public perception (attention). Second, simultaneously the variable of the existence of billboards has an influence on the variable of public perception (understanding) = Reklame merupakan salah satu media luar ruang yang memiliki tujuan menyampaikan pesan mengenai suatu produk atau jasa bahkan individu-individu yang ingin mendongkrak popularitasnya. Di Yogyakarta keberadaan media reklame bukanlah hal yang asing lagi. Keberadaan media reklame ini banyak terdapat pada area komersial (area perdagangan dan jasa) seperti di Kabupaten Sleman khususnya Selokan Mataram, Seturan, Kaliurang, Magelang, Colombo, Affandi dan Laksana Adisucipto. Banyaknya media reklame yang tidak tertata rapi membuat keindahan alam berkurang dan ketidakteraturan kota dan juga menimbulkan penyimpangan visual bagi pengguna jalan terutama bagi para pejalan kaki maupun pengendara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap keberadaan reklame di koridor jalan Kabupaten Sleman. Untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap keberadaan reklame tersebut maka peneliti menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda. Dengan bantuan aplikasi program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang pertama, secara simultan variabel keberadaan reklame memiliki pengaruh terhadap variabel persepsi masyarakat (perhatian). Kedua, secara simultan variabel keberadaan reklame memiliki pengaruh terhadap variabel persepsi masyarakat (pemahaman). date: 2023-07-13 date_type: completed full_text_status: restricted institution: Institut Teknologi Nasional Yogyakarta department: Fakultas Teknik dan Perencanaan : Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Nurkukuh, D. K. (2019). Konsep Penataan Reklame Koridor Jalan Affandi Yogyakarta Berdasarkan Persepsi Masyarakat. Institut teknologi nasional Yogyakarta Vol . 2 No. 1. Noviandy (2014). Persepsi Masyarakat Tentang Penggunaan Iklan Media Luar Ruang Terhadap Estetika Kota Samarinda. E-journal ilmu komunikasi. Nurhadi, Purwantara, P., & Khotimah, N. (2012). Kajian Spesial Keberadaan Reklame Luar Ruang Terhadap Etika Dan Estetika Ruang Publik Di Kota Yogyakarta. Journal UNY Vol. 38 No.2. Ariyanto (2014). Peran Ruang Publik Terhadap Pembentukan Koridor Jalan Patimura Kota Jepara. Jurnal DISPROTEK Vol.5 No. 1. Wiyanto, N., Dewi, C., & Irfandi (2020). Persepsi Masyarakat Tentang Pengaruh Reklame Terhadap Estetika Visual Kota. Jurnal ilmiah mahasiswa arsitektur dan perencanaan Vol. 4 No 4. Widyaningrum, D., Sudarsini, B., & Nugraha, A., L. (2017). Analisis Sebaran Reklame Billboard Terhadap Lokasi Dan Nilai Pajak Reklame Berbasis Sistem Informasi Geografis. Jurnal Geodesi Undip Vol. 6 No 1. Nopemberi, A., Suprapti, A., & Murtomo, B. A. (2015). Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaan Signage. Teknik, ISSN 36 (1), 39-44. Hasan, M. Iqbal. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta; Ghalia Indonesia. Lee, Monle & Johnson Carla. (2004). Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Prenada Media.Jakarta. Terok, F. S R. P. (2015). Persepsi Masyarakat Terhadap Elemen Street Furniture Pedestrian Koridor Jalan Piere Tande Di Manado. Jurnal Peradaban Sains, Rekayasa Dan Teknologi Sekolah Tinggi Teknik (STITEK) Bina Taruna Gorontalo Vol 3. No.2. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung; Alfabeta,CV. citation: BERE, JOHANES (2023) Persepsi masyarakat terhadap keberadaan reklame di koridor jalan Kabupaten Sleman. Other thesis, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta. document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5112/1/DRAF%20JOHANES.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5112/2/BAB%201%20%281-26%29.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5112/3/BAB%20II%20%2827-35%29.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5112/4/BAB%20III%20%2836-40%29.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5112/5/BAB%20IV%20%2841-61%29.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5112/6/BAB%20V%20%2862%29.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5112/7/DAFTAR%20PUSTAKA%20%2863%29.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/5112/8/LAMPIRAN.pdf