eprintid: 4994 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 343 dir: disk0/00/00/49/94 datestamp: 2024-09-09 07:05:01 lastmod: 2024-09-09 07:05:01 status_changed: 2024-09-09 07:05:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LUAN, PASKALIS MARIO HARDI JUNIOR contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Nurkukuh, Dwi Kunto contributors_name: Ardi, Iwan Arminto title: Evaluasi layanan angkutan umum perkotaan di Kota Kupang ispublished: unpub subjects: HE divisions: PWK keywords: transportasi, angkutan kota, kinerja pelayanan abstract: Angkutan umum yang ada di Kota Kupang disebut “Bemo”. Bemo merupakan jenis mikrolet dengan kapasitas 12 orang. Bemo yang ada di Kota Kupang dihiasi sedemikian rupa untuk menarik minat penumpang terutama para pelajar. Untuk jalur bemo di Kota Kupang terdapat 22 jalur. Namun ada beberapa trayek yang belum memuaskan harapan masyarakat Kota Kupang. Bemo merupakan salah satu pilihan transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Kota Kupang, dalam perjalanan sehari – hari. Namun pengguna angkutan umum pada masa sekarang ini cenderung menurun, menurunnya pengguna angkutan umum terjadi karena beberapa masalah, seperti kurangnya kualitas layanan, keselamatan, kenyamanan, efisiensi, maupun faktor – faktor yang mempengaruhi layanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi layanan angkutan umum perkotaan di Kota Kupang. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan analisis spasial dari tabel serta grafik dengan pengumpulan data melalui obsevasi pada sarana prasarana angkutan umum, wawancara kepada pihak penanggung jawab, serta pengisian kuesioner kepada 100 responden. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa berdasarkan data dan informasi yang telah dikumpulkan, maka layanan angkutan umum dibeberapa trayek/rute di Kota Kupang dapat disimpulkan bahwa: 1. Pelayanan angkutan umum di Kota Kupang sudah cukup baik dan sudah memenuhi kebutuhan pengguna angkutan umum, 2. Keteraturan. Dari analisis yang telah dilakukan terlihat bahwa angkutan umum masih menjadi tantangan bagi pemerintah Kota Kupang agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna angkutan umum khususnya bagi penumpang angkutan umum Kota Kupang. Rata – rata jawaban pengguna angkutan umum Kota Kupang menjawab dengan presentase 68%, hal ini disebabkan ada beberapa kendala yang masih harus ditingkatkan seperti kondisi angkutan umum yang terbilang cukup tua dan pemakaian kaca film pada angkutan umum yang terbilang kurang maksimal. date: 2024-01 date_type: completed full_text_status: restricted institution: Institut Teknologi Nasional Yogyakarta department: Fakultas Teknik dan Perencanaan : Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Abdurahman Fathoni, Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi Jakarta: Rineka Cipta, 2006 Afandi, N. A. (2013). Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Trayek Lyn Merah Jurusan SukodadiPaciran Kabupaten Lamongan Berdasarkan Kepuasan Pelayanan. Dimensi, 5(2). Algifari. (2015). Mengukur Kualitas Layanan . Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta. Anastasia, A., Ari, I. R. D., & Agustin, I. W. (2015). Evaluasi Kinerja Pelayanan Angkutan Kota di Kota Palu (Studi Kasus Trayek Mamboro Manonda Line B2). The Indonesian Green Technology Journal, 4(3), 61-67 Anggoman, Paul. 2007. Studi Tingkat Pelayanan Angkutan Umum Damri di Kota Manado. Tesis. Semarang: Magister Teknik Pembangunan Wilayah dan Kota, Universitas Diponegoro Semarang. Az-zahra, Suci Muliani. 2008. Persepsi Masyarakat Terhadap Kesesuaian Pelayanan dan Penyelenggaraan Angkutan Kota di Kota Bandung. Tugas Akhir. Bandung: Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Insititut Teknologi Bandung. Badan Pusat Statistik Kota Kupang Dalam Angka (2022) https://kupangkota.bps.go.id, diakses pada bulan Mei 2023. Bakhtiar, A. (2018). Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Kota Malang. JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan), 2(2), 142-158. Eka Prasetya, 2018. Pembangunan Jaringan Transportasi Public dalam RTRW Kota Depok Tahun 2012 – 2032. Universitas Indonesia. Jakarta Herlambang, Bagus Pandu. 2011. Evaluasi Kinerja Angkutan Kota di Kota Bandung Berdasarkan Preferensi Pengguna. Tugas Akhir. Bandung: Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Nasional. Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia. Moleong, L. J. (1989). Metodologi penelitian kualitatif. Mulyantoro, Nugroho. 2005. Evaluasi Tarif Angkutan Umum yang Melayani Trayek PinggiranPusat Kota di Kota Semarang. Tugas Akhir. Semarang: Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Diponegoro Semarang. Murti, L. N. F., & Agusdini, T. M. C. (2019, August). evaluasi Kinerja angkutan umum penumpang trayek lyn d jurusan terminal Rajekwesi–dander Kabupaten Bojonegoro. In Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur (Vol. 1, No. 1, pp. 84-90). N. Muhadjir, Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin, 1990. Nasution, S. (1988). Metode penelitian naturalistik kualitatif. Tarsito. Noorani, A. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Promosi Terhadap Jasa Transportasi Argo Muria. Semarang: Universitas Diponegoro. Ofyar Z. tamin, 1997. Perencanaan Pemodelan Transportasi Edisi Kedua. ITB Bandung Ofyar Z. tamin, 1997. Perencanaan Pemodelan Transportasi Edisi Kedua. ITB Bandung Primasworo, R. A., Oktaviastuti, B., & Madun, R. W. (2022). Evaluasi Penggunaan Angkutan Umum Perkotaan Di Kota Malang (Trayek Arjosari–Tidar/AT). Fondasi: Jurnal Teknik Sipil, 11(1), 98-107. Ridwan, Metode & Teknik Penyusunan Tesis. (Bandung: Alfabeta, 2006) Riyanta, W. (2015). Persepsi Penumpang Kereta Api Terhadap Tingkat Pelayanan StasiunTugu Yogyakarta. Jurnam Manajemen Dirgantara, 1-12. Rudolf Petersen, 2004. Perencanaan Tata Ruang Kota dan Transportasi Perkotaan. Fedeal Ministry for Economic Coorperation and Decelopment (BMZ) Rudolf Petersen, 2004. Perencanaan Tata Ruang Kota dan Transportasi Perkotaan. Fedeal Ministry for Economic Coorperation and Decelopment (BMZ) Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian, Bandung. Alfabeta Sujdarwo. (2011). Metodologi Penelitian Sosial. Tamin, O.Z., (2000), “Perencanaan dan Pemodelan Transportasi”, Penerbit ITB, Bandung, Indonesia. Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. citation: LUAN, PASKALIS MARIO HARDI JUNIOR (2024) Evaluasi layanan angkutan umum perkotaan di Kota Kupang. Other thesis, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta. document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4994/1/A._TUGAS_AKHIR_CD%5B1%5D.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4994/2/B.%20BAB%20I%20.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4994/3/C.%20BAB%20II%20.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4994/4/D.%20BAB%20III.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4994/5/E.%20BAB%20IV.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4994/6/F%20BAB%20V%20.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4994/7/G.%20DAFTAR%20PUSTAKA%20.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4994/8/H.%20LAMPIRAN%20.pdf