TY - UNPB ID - ITNYREPOID4815 UR - https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4815/ Y1 - 2024/07/25/ TI - Analisis pengaruh produktivitas terhadap konsumsi bahan bakar alat gali muat dan alat angkut di PT. Djava Berkah Mineral, Kabupaten Morowali Utara, Provinsi Sulawesi Tengah M1 - other KW - efisiensi kerja KW - fuel ratio KW - konsumsi bahan bakar KW - Produktivitas N2 - Penelitian ini dilakukan di PT. Djava Berkah Mineral yanng merupakan perusahaan kontraktor pertambangan yang beroperasi di Desa Keuno, Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara, Provinsi Sulawesi Tengah. Permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan penambangan terkait bahan bakar adalah karena rendahnya produktivitas akan mengakibatkan fuel ratio yang tinggi dan melebihi standar yang ditetapkan perusahaan yaitu 0,95 liter/ton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui produktivitas dari peralatan mekanis serta pengaruh produktivitas terhadap konsumsi bahan bakar. Langkah evaluasi yang dilakukan adalah dengan membandingkan antara jumlah penggunaan bahan bakar (liter) dengan jumlah volume material yang dihasilkan. Berdasarkan pengamatan dan penelitian di lapangan menggunakan kombinasi alat gali muat Excavator Komatsu PC 300 dan alat angkut UD Quester CWE 370 produktivitas aktual yang didapat sebesar 396,02 ton/jam dengan konsumsi bahan bakar sebesar 425,27 liter/jam sehingga rasio bahan bakar yang diperoleh yaitu 1,07 liter/ton. Beberapa hal yang berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar pada alat mekanis diantaranya kondisi aktual di lapangan, pada proses ore getting sering terjadi antrian alat angkut pada area loading point, yang menyebabkan delay dan berdampak pada efisiensi kerja. Delay yang terjadi mengakibatkan rendahnya produktivitas dan menyebabkan angka fuel ratio menjadi tinggi. Upaya untuk meningkatkan produktivitas peralatan dapat dilakukan dengan cara memperbaiki efisiensi kerja dan mengurangi waktu hambatan kerja sehingga produktivitas dapat meningkat, adanya unit support yang berada di lapangan untuk merapikan area loading piont dari tumpahan material dan meratakan permukaan area front seperti pelapisan quary sehingga dapat mengurangi waktu tunggu atau antrian dump truck pada front loading. Setelah perbaikan, produktivitas didapat sebesar 414,07 ton/jam dengan efisiensi kerja yaitu 72,28% dan rasio yang didapat yaitu 0,83 ton/liter. Kata kunci: efisiensi kerja, fuel ratio, konsumsi bahan bakar, Produktivitas AV - restricted A1 - ALIFATHONAH, ADI ALIFATHONAH PB - Institut Teknologi Nasional Yogyakarta ER -