eprintid: 4517 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 308 dir: disk0/00/00/45/17 datestamp: 2024-06-20 08:59:33 lastmod: 2024-06-20 08:59:33 status_changed: 2024-06-20 08:59:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: HUSEN, KHABIB AHMAD contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sidiq, Hidayatullah contributors_name: Rande, Shilvyanora Aprilia corp_creators: Teknik Pertambangan title: Kajian teknis produktivitas kereta api dalam mencapai target produksi batubara di PT Dizamatra Powerindo Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan ispublished: unpub subjects: TN divisions: sch_ecs keywords: Batubara, Produksi, Kereta Api abstract: pertambangan batubara, PT.Dizamatra Powerindo terletak di desa Kebur kecamatan Merapi Barat kabupaten Lahat provinsi Sumatera Selatan. Target produksi yang ditetapkan oleh perusahaan sebesar 950.400 ton/tahun atau 2.640 ton/hari belum tercapai dikarenakan beberapa faktor yaitu kondisi di lapangan berupa cuaca dan juga beberapa hambatan yaitu P2H kereta api, keperluan masinis, Antrian waktu hauling distasiun Muara Lawai, Antrian Pembongkaran distasiun Simpang, Berhenti distasiun dalam rute perjalanan, Mengisi Bahan bakar, Persilangan rel kereta api, Persiapan alat saat kereta datang, Langsir kereta api. Adapun rangkaian kereta yang Dimana ada 2 lokomotif dan 60 gerbong dengan kapasitas tiap gerbong sebesar 50 ton, dan untuk container memiliki kapasitas sebesar 25 ton, untuk kecepatan kereta api yang mengangkut Batubara ± 40-50 km, pemuatan kereta api berawal dari stasiun Muara Lawai sampai stasiun tujuan yaitu stasiun Simpang, dan ada beberapa stasiun pemberhentian diantaranya stasiun Muara Gula, Ujung Mas, Blimbling Pendopo, Prabumulih Baru,Serdang dan Payakabung, Salah satu cara untuk memaksimalkan pencapaian target produksi dengan melakukan perbaikan waktu kerja efektif yang sebelumnya 12,85 jam/hari menjadi 16,18 jam/hari serta efisiensi kerja yang meningkat menjadi 81%. Kemampuan produktivitas alat angkut kereta api setelah dilakukan perbaikan dapat menghasilkan 4.044 ton/hari.dan target produksi setelah dilakukan perbaikan mengalami kenaikan menjadi 159,630m3/bulan. Selain itu, perusahaan harus menambah container di stock buffer di stasiun Muara Lawai, karena sering terjadi kasus habisnya stock buffer dikarenakan Dump Truck yang mengantarkan Container sering terjebak macet dijalan sehingga waktu pengantaran ke Muara lawai menjadi lebih lama. Kata Kunci: Batubara, Produksi, Kereta Api date: 2024-01-19 date_type: submitted full_text_status: restricted institution: Institut Teknologi Nasional Yogyakarta department: Fakultas Teknik : Teknik Pertambangan thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Arif, I, 2014. Batubara Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum. Husean, S., Mingsi, Y. A., Maiyudi, R. 2018. Optimalisasi Produksi Alat Muat dan Alat Angkut dengan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) Pada Pengangkutan Overburden Di Pit Barat Artamulia Tata Pratama Site Tanjung Belit, Kabupaten Muara Bungo, Provinsi Jambi. Jurusan Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang. Indonesianto, Y., 2020. Pemindahan Tanah Mekanis. Yogyakarta: Institut Teknologi Nasional Yogyakarta. Keputusan Menteri Energi Dan Sumberdaya Mineral Republik Indonesia Nomor 1827 K/30MEM/2018. 2018. Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik. Indonesia : Kementrian ESDM Republik Indonesia. Patakom, K., Purba, A., & Siregar, A. M. R. (2021). Kajian Pola Operasi dan Desain Penataan Emplasemen Stasiun pada Jalur Longcut Tegineneng- Tarahan. Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain, 8(1), 135-146. Pratiwi, I. (2017). Analisis Tingkat Halangan Produktivitas Tls Ii Di Pt. Bukit Asam (PERSERO) Tbk. Journal Industrial Servicess, 3(1a).atakom, K., Purba, A., & Siregar, A. M. R. (2021). Kajian Pola Operasi dan Desain Penataan Emplasemen Stasiun pada Jalur Longcut Tegineneng-Tarahan. Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain, 8(1), 135-146. Pratiwi, I. (2017). Analisis Tingkat Halangan Produktivitas Tls Ii Di Pt. Bukit Asam (PERSERO) Tbk. Journal Industrial Servicess, 3(1a). Rahmita, K. (2012). Studi Simulasi Angkutan Batubara Untuk Memenuhi Peningkatan Kebutuhan di PLTU Suralaya. Jurusan Teknik Sistem Perkapalan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya, 110. Setiawan M, D. (2016). Pembatasan Kecepatan maksimum dan kaitannya terhadap kapasitas lintas jalur kereta api Muara Enim–Lahat Sumatera Selatan. Setiawan, D. (2016). Kajian Pola Operasi Jalur Ganda Kereta Api Muara Enim- Lahat. Semesta Teknika, 19(1), 37-47 citation: HUSEN, KHABIB AHMAD (2024) Kajian teknis produktivitas kereta api dalam mencapai target produksi batubara di PT Dizamatra Powerindo Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan. Other thesis, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta. document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4517/1/COVER.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4517/2/BAB%20I.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4517/3/BAB%20II.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4517/4/BAB%20III.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4517/5/BAB%20IV.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4517/6/BAB%20V.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4517/7/BAB%20VI.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4517/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4517/9/LAMPIRAN.pdf