relation: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4338/ title: Analisis performa mesin sepeda motor yamaha Nmax 155 2019 menggunakan ecu juken 5+ dan ecu standar terhadap daya, torsi, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang creator: Setiawan 2100190041, Sindu Bima subject: TJ Mechanical engineering and machinery description: ABSTRAK ECU (Electronic Control Unit) merupakan sebuah komponen terpenting dalam kendaraan sepeda motor Fuel injection. ECU merupakan komponen elektronik yang mengatur seluruh kerja sistem pada sepeda motor EFI (Electronic Fuel Injection), termasuk sistem bahan bakar dan sistem pengapian. Kedua sistem tersebut sangat berperan penting dalam naik turunnya performa mesin. Performa suatu kendaraan dapat diketahui dengan cara melakukan pengujian menggunakan alat yang bernama dyanamometer, dengan pengujian ini kita dapat mengetahui seberapa besar perbedaan ECU standar dan ECU junken 5+ terhadap performa mesin/besarnya daya dan torsi pada kendaraan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hasil performa yang dihasilkan Yamaha NMAX 155c dengan menggunakan ECU standar dan ECU juken 5+ BRT pada setingan yang ditentukan penulis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan melakukan pengujian kinerja sepeda motor diatas mesin dynotest untuk mendapatkan hasil dari penggunaan ECU standar dan ECU junken 5+ BRT, kemudian mendapatkan hasil berupa perbedaan hasil yang terjadi pada daya, torsi, konsumsi bahan bakar, dan emisi gan buang dengan menggunakan alat dynamometer dan tabung pengukur konsumsi bahan bakar yang dibuat peneliti. Data yang diperoleh dari penelitian menunjukkan ECU standar menghasilkan daya sebesar 11.9 HP pada putaran 4473 rpm, sedangkan ECU Juken 5+ menghasilkan daya sebesar 13.2 HP pada putaran 8017 rpm. Torsi tertinggi yang dihasilkan oleh ECU standar sebesar 22.81 N.M pada putaran 2280 rpm dan ECU Juken 5+ menghasilkan torsi sebesar 27.04 N.M pada putaran 2704 rpm. ECU Standar konsumsi bahan bakar rata ratanya 0,746 L/jam sedangkan ECU Juken 5+ sebesar 0,983 L/jam. ECU Standar menghasilkan Hidrokarbon (HC) yaitu sebesar 169 ppm, sedangkan ECU Juken 5+ menghasilkan Hidrokarbon (HC) 144 ppm pada putaran idle. ECU Standar menghasilkan karbon monoksida (CO) 0.55% sedangkan ECU Juken 5+ menghasilkan karbon monoksida (CO) 0.57% pada putaran idle. Penelitian ini menunjukkan dengan adanya penggantian ECU Juken 5+ pada Yamaha Nmax 155cc 2019 dapat meningkatkan performa mesin. Daya meningkat 1.3 HP dan Torsi 4.23 N.M. konsumsi bahan bakar mengalami peningkatan 0,237 L/jam. Pada penelitian ini karbon monoksida yang dihasilkan mengalami peningkatan sebesar 0,02%. Kata Kunci : dynamometer, ECU standar, ECU juken 5+, Kinerja, Performa publisher: ITNY date: 2022 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4338/1/1.%20Cover.pdf format: text language: id identifier: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4338/2/2.%20Persetujuan.pdf format: text language: id identifier: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4338/3/3.%20Daftar%20Isi.pdf format: text language: id identifier: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4338/4/4.%20BAB%20I.pdf format: text language: id identifier: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4338/5/5.%20BAB%20II.pdf format: text language: id identifier: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4338/6/6.%20BAB%20III.pdf format: text language: id identifier: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4338/7/7.%20BAB%20IV.pdf format: text language: id identifier: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4338/8/8.%20BAB%20V.pdf format: text language: id identifier: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4338/9/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4338/10/LAMPIRAN.pdf identifier: Setiawan 2100190041, Sindu Bima (2022) Analisis performa mesin sepeda motor yamaha Nmax 155 2019 menggunakan ecu juken 5+ dan ecu standar terhadap daya, torsi, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Other thesis, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta.