@unpublished{ITNYREPOID4330, publisher = {ITNY}, year = {2022}, author = {SHINTA NUR HASANAH SAMOSIR 2100190011}, school = {Institut Teknologi Nasional Yogyakarta}, title = {Mitigasi resiko kerusakan pada sistem hidrolik dump truck}, url = {https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4330/}, keywords = {Kata kunci : Dump Truck, Sistem Hidrolik, FMEA}, abstract = {ABSTRAK Dump Truck memiliki beberapa sistem penting salah satunya sistem hidrolik untuk mengangkat dan menurunkan dump. Kerusakan pada sistem hidrolik dapat terjadi pada beberapa komponen utama seperti Tangki Hidrolik, Filter, Motor Penggerak, External Gear Pump, Selang Hidrolik, Pressure Relief Valve, yang dapat diakibatkan oleh kontaminasi dalam sistem serta berbagai faktor lainnya. Tujuan pada mitigasi ini yaitu bagaimana cara menurunkan angka resiko pada sistem hidrolik Dump Truck. Metode yang akan digunakan untuk menurunkan angka resiko kerusakan yaitu metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Hasil mitigasi menunjukkan bahwa komponen dengan RPN tertinggi 280 adalah Silinder Hidrolik yang mengalami kebocoran pada rod seal karena fluida yang terkontaminasi. Tindakan mitigasi atau sulan perbaikan yang diberikan meliputi pengaturan jadwal pengambilan sample oil menjadi lebih kerap dilakukan, memeriksa kualitas fluida yang digunakan sebelum menambahkannya ke sistem, pemeliharaan fluida yang tepat serta menjaga kebersihan rod. Dengan menerapkan usulan perbaikan ini diharapkan sebelum terjadinya corrective maintenance yang menyebabkan ketersediaan unit berkurang, maka sebisa mungkin harus dicegah dengan memaksimalkan kegiatan preventive maintenance agar tingkat keparahan dari kegagalan maupun kemunculan kerusakan pada komponen, sistem, atau unit itu sendiri dapat diminimalisir dan diketahui sedini mungkin serta diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan keandalan sistem hidrolik dump truck. Kata kunci : Dump Truck, Sistem Hidrolik, FMEA} }