eprintid: 4308 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 10 dir: disk0/00/00/43/08 datestamp: 2023-10-31 02:50:55 lastmod: 2023-10-31 02:50:55 status_changed: 2023-10-31 02:50:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ILHAM 110016014, MOH. title: Pengaruh putar balik (u-turn) terhadap kinerja ruas jalan Laksda Adisutjipto Yogyakarta (studi kasus u-turn KM. 6) ispublished: unpub subjects: TA divisions: sch_art keywords: Kinerja, Ruas Jalan, U-Turn. abstract: Pada Ruas Jalan Laksda Adisutjipto memiliki beberapa titik bukaan median yang memungkinkan kendaraan merubah arah perjalanan, dengan adanya fasilitas U-Turn maka kecepatan kendaraan akan mengalami penurunan yang mana akan menyebabkan kemacetan serta potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas semakin besar, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja ruas jalan akibat U-Turn dan menganalisa waktu tempuh rata-rata dan waktu tundaan pada bukaan median di ruas jalan tersebut serta mengetahui rasio arus lalu lintas pada ruas jalan tersebut. penelitian ini berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) dengan pengambilan data menggunakan data primer dan sekunder, pengambilan data dilaksanakan selama 3 hari yaitu Hari Sabtu, Minggu, dan Senin. Hasil penelitian menunjukkan arus lalu lintas sebelumU-Turn ke arah Barat sebesar 2716,4 smp/jam dan ke arah Timur sebesar 2113,35, pada penelitian di lokasi studi diperoleh kategori kelas hambatan samping sangat rendah, kecepatan arus bebas sebesar 63,20 km/jam dengan kapasitas jalan sebesar 3817,75 smp/jam. Dari hasil analisa pengaruh fasilitas U-Turn, terhadap kinerja jalan menunjukkan derajat kejenuhan pada lokasi studi sebesar 0,66 untuk ke arah Timur dan 0,60 ke arah Barat dengan total 1,26, kecepatan tempuh ke arah Timur sebesar 56 km/jam lebih kecil 37,19% dan kecepatan ke arah Barat sebesar 41,54 km/jam lebih kecil 20%. date: 2022-02-04 date_type: submitted official_url: http://www.library.itny.ac.id contact_email: library@itny.ac.id full_text_status: restricted institution: ITNY department: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan : Teknik Sipil thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Alkam, Marhabang, Ikhwan. 2021. Pengaruh Pergerakan Putar Balik Arah Terhadap Kinerja Ruas Jalan Letjen Hertasning Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik. 6 (2): 76-85. Ariyanto M. 2021. Analisis Penyebab Tundaan dan Panjang Antrian Kendaraan Pada Pergerakan U-Turn di Ruas Jalan Perkotaan Kota Balikpapan. Jurnal Teknologi Terpadu. 9 (1): 9-16. Artha, Wirahaji, Widyiatmika. 2020. Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat Adanya Gerakan Putar Balik Pada Bukaan Median Jalan Nasional Denpasar. Jurnal Teknik Sipil. 013 (01): 59-66. Edowinsyah. 2018. Analisis Pengaruh Pemasangan Median Jalan dan Tingkat Pelayanan di Ruas Jalan Mayjen Harun Sohar Kota Pagar Alam. Jurnal Ilmiah Bering’s. 05 (02): 53-60. Irfan. 2017. Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kecepatan dan Arus Lalu Lintas. Jurnal Teknik Sipil. 3 (4): 64-76. Julianto, E. 2010. Hubungan Antara Kecepatan, Volume, dan Kepadatan Lalu Lintas Ruas Jalan Siliwangi Semarang. Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan. 12 (2): 151-160. Kasan M. 2005. Pengaruh U-Turn Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas di Ruas Jalan Moh.Yamin Kota Palu. Jurnal SMARTek. 3 (3): 146-159. Kermite. 2015. Analisa Kerja Ruas Jalan S. Tubun. Jurnal Sipil Statik. 03 (10): 709-717. Khairulnas. 2018. Analisis Derajat Kejenuhan dan Tingkat Pelayanan Jalan Sudirman Kota Pekanbaru. Jurnal Teknik. 12 (2): 148-154. Mardinata. 2014. Pengaruh Putar Balik Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas Ruas Jalan Raden Eddy Martadinata Kota Samarinda. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945, Samarinda. MKJI, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum. 83 Mujahidin, Sumarsono, Legowo. 2014. Hubungan Tundaan dan Panjang Antrian Terhadap Konsusmsi Bahan Bakar Akibat Penyempitan Jalan Pada Pembangunan Flyover Palur Jalan Raya Palur Km 7.5. Jurnal Matriks Teknik Sipil. 1-8. Pedoman Konstruksi dan Bangunan. 2004. Perencanaan Median Jalan, Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. Prayoga. 2020. Analisis Daya Tampung Jalan dan Manajemen Lalu Lintas. Jurnal EQUILIB. 01 (01): 41-52. Putra, Sarewo. 2008. Pengaruh Pergerakan U- Turn Terhadap Kecepatan Arus Lalu Lintas Menerus Ruas Jalan Brigjen Myoenoes Kota Kendari. Jurnal Media Komunikasi Teknik Sipil. (1): 9-22 citation: ILHAM 110016014, MOH. (2022) Pengaruh putar balik (u-turn) terhadap kinerja ruas jalan Laksda Adisutjipto Yogyakarta (studi kasus u-turn KM. 6). Other thesis, ITNY. document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4308/1/BAB%201.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4308/2/BAB%202.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4308/3/BAB%203.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4308/4/BAB%204.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4308/5/BAB%205.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4308/6/COVER.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4308/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4308/8/halaman.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4308/9/LAMPIRAN.pdf