%I ITNY %D 2022 %K Kinerja, Ruas Jalan, U-Turn. %X Pada Ruas Jalan Laksda Adisutjipto memiliki beberapa titik bukaan median yang memungkinkan kendaraan merubah arah perjalanan, dengan adanya fasilitas U-Turn maka kecepatan kendaraan akan mengalami penurunan yang mana akan menyebabkan kemacetan serta potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas semakin besar, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja ruas jalan akibat U-Turn dan menganalisa waktu tempuh rata-rata dan waktu tundaan pada bukaan median di ruas jalan tersebut serta mengetahui rasio arus lalu lintas pada ruas jalan tersebut. penelitian ini berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) dengan pengambilan data menggunakan data primer dan sekunder, pengambilan data dilaksanakan selama 3 hari yaitu Hari Sabtu, Minggu, dan Senin. Hasil penelitian menunjukkan arus lalu lintas sebelumU-Turn ke arah Barat sebesar 2716,4 smp/jam dan ke arah Timur sebesar 2113,35, pada penelitian di lokasi studi diperoleh kategori kelas hambatan samping sangat rendah, kecepatan arus bebas sebesar 63,20 km/jam dengan kapasitas jalan sebesar 3817,75 smp/jam. Dari hasil analisa pengaruh fasilitas U-Turn, terhadap kinerja jalan menunjukkan derajat kejenuhan pada lokasi studi sebesar 0,66 untuk ke arah Timur dan 0,60 ke arah Barat dengan total 1,26, kecepatan tempuh ke arah Timur sebesar 56 km/jam lebih kecil 37,19% dan kecepatan ke arah Barat sebesar 41,54 km/jam lebih kecil 20%. %L ITNYREPOID4308 %T Pengaruh putar balik (u-turn) terhadap kinerja ruas jalan Laksda Adisutjipto Yogyakarta (studi kasus u-turn KM. 6) %A MOH. ILHAM 110016014