%0 Thesis %9 Other %A Putra 210016087, Mauludi Singgih Permana %B Fakultas Teknologi Industri : Teknik Mesin %D 2020 %F ITNYREPOID:4238 %I Institut Teknologi Nasional Yogyakarta %K Waktu Pengapian, Torsi, Daya, Emisi Gas Buang, dan Bahan Bakar %T Pengaruh waktu pengapian terhadap pefroma dan emisi gas buang motor vario 110 tahun 2010 %U https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4238/ %X Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan torsi, daya, emisi gas buang, dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor yang di variasi dengan sudut pengapian 27°, sudut pengapian 29°, dan sudut pengapian 25º. Penelitian dilakukan pada sepeda motor Honda Vario 110cc tahun 2010. Hasil pengujian menunjukkan bahwa torsi maksimal dihasilkan sudut pengapian 29º dengan nilai 7,73 Nm pada putaran mesin 6745 rpm, torsi terendah dihasilkan sudut pengapian 25º dengan nilai 3,75 Nm pada putaran mesin 9500 rpm. Daya maksimal di hasilkan sudut pengapian 29º dengan nilai 7,7 Hp pada putaran mesin 7725 rpm dan daya terendah di hasilkan sudut pengapian 25º dengan nilai 4, Hp pada putaran mesin 4500 rpm. Laju konsumsi terendah dihasilkan sudut pengapian 25º dan laju konsumsi tertinggi dihasilkan sudut pengapian 29º. Untuk hasil uji emisi sudut pengapian 29º menghasilkan Karbonmonoksida dan Hidrokarbon yang lebih sedikit sehingga ramah lingkungan. Kata kunci : Waktu Pengapian, Torsi, Daya, Emisi Gas Buang, dan Bahan Bakar