%0 Thesis %9 Other %A KORNOTAN 110017057, MATHEUS %B Teknik Sipil %D 2022 %F ITNYREPOID:4210 %I ITNY %K Pedestrian, Karakteristik pedestrian, HCM 1985. %T ANALISIS PEJALAN KAKI (PEDESTRIAN) DI MASA PANDEMI (STUDI KASUS: JALAN URIP SUMOHARJO, YOGYAKARTA %U https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4210/ %X Pedestrian merupakan perpindahan orang dari satu tempat ke tempat lain. Penelitian dilakukan di Jalan Urip Sumoharjo, Yogyakarta, dari Duta foto pusat sampai Perempatan Galeria Mall untuk menganalisis karakteristik dan penggunaan trotoar yang tidak sepenuhnya difungsikan, melainkan untuk berdagang dan parkir. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, pengambilan data dilakukan melalui survei lapangan untuk mendapatkan jumlah dan waktu tempuh pedestrian guna mengetahui karakteristik dan tingkat pelayanan. Hasil analisis yaitu, arus trotoar bagian I (hambatan tiang) sebesar 6,501 ped/m/jam dan trotoar bagian II (hambatan PKL) sebesar 8,536 ped/m/jam, kecepatan rata-rata sebesar 489,73 m/jam, kepadatan trotoar bagian I sebesar 5,404 ped/m2 sedangkan trotoar bagian II sebesar 7,098 ped/m2 , ruang trotoar bagian I sebesar 0,185 m2 /ped sedangkan trotoar bagian II sebesar 0,141 m2 /ped, dan rasio trotoar bagian I sebesar 0,0014 sedangkan trotoar bagian II sebesar 0,0019, tingkat pelayanan kategori F, karena pedestrian bergerak dalam ruang yang terbatas. Keberadaannya mulai berpengaruh disebabkan kurang nyamannya pedestrian saat berjalan di trotoar yang sempit dan banyak hambatan.