eprintid: 4186 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 15 dir: disk0/00/00/41/86 datestamp: 2023-08-15 07:41:55 lastmod: 2023-08-15 07:41:55 status_changed: 2023-08-15 07:41:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: TELENGGEN, DEMISON contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Anggorowati, Veronica Diana Anis contributors_name: Astutik, Herna Puji title: ANALISA PUTAR BALIK TERHADAP KINERJA JALAN (Studi Kasus Di Jalan Raya Solo-Yogyakarta Depan Akademi Angkatan Udara Kalasan Yogyakarta) ispublished: unpub subjects: TA divisions: sch_art keywords: Putar Balik Terhadap Kinerja Jalan abstract: Jalan Raya Solo-Yogyakarta Depan Akademi Angkatan Udara Kalasan Yogyakarta, merupakan jalan arteri dengan volume lalu lintas yang relatif tinggi. Dari masing – masing ruas jalan tersebut telah dilengkapi dengan median beserta bukaan median untuk mengakomodir gerakan putar balik. Ruas Jalan Raya SoloYogyakarta Depan Akademi Angkatan Udara Kalasan Yogyakarta memiliki satu bukaan median tak bersinyal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pergerakan putar balik terhadap kinerja ruas Jalan Raya Solo-Yogyakarta Depan Akademi Angkatan Udara Kalasan Yogyakarta. Dari hasil penelitian dengan menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 2014, maka di dapat beberapa kesimpulan, kecepatan tempuh kea rah timur sebesar 27,9% dan ke arah barat penurunan kecepatan tempuh sebesar 21,5% kapasitas menjadi 3226, 08 skr/jam yang di lakukan oleh adanya panjang antrian .Secara keseluruhan kinerja ruas Jalan Raja Solo-Yogyakarta. Kata Kunci : Putar Balik Terhadap Kinerja Jalan date: 2023-07-23 date_type: submitted contact_email: library@itny.ac.id full_text_status: restricted institution: Institut Teknologi Nasional Yogyakarta department: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan : Teknik Sipil thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Lucia I. R. Lefrandt, James A. Timboeleng Tujuan Penelitian Ini Untuk Mengetahui Pengaruh (U-Turn) Terhadap Krakterristik Lalu Lintas, Kapasitas Dan Tingkat Pelayanan Jalan (Level Of Service), Dengan Metode Manual Kapasitas Jalan Di Indonesia (MKJI) Tahun 1997dengan Model Greenshield, Greenberg, Dan Underwood. Penelitian Ini Di Lakukan Di Jalan Robert Wolter Studi Kusus Depan Jurusan Keperawatan Polteknik Kesehatan Kota Manado Sulawesi Utara. Ekison Tabuni (2019), Berdasarkan Hasil Penelitian Yang Telah Di Lakukan Volume Lalu Lintas Di Ruas Jalan Laksda Adisujipto Di Kota Yogyakarta. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Tugas Akhir : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Institute Teknologi Nasional Yogyakarta. Atriwinata, Made Dwi, 2015 Kajian Pengaru Pasilitas Putar Balik (UUturn)Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus : Uturn Patung Dewa Ruci Jalan By Pass Nggura Rui, Bali) Tugas Akhir, Bali : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Udayana. Bura, Yohanes Pura, 2016 Analisis Pengaruh Fasilitas U-Uturn Terhadap Kenerja Ruas Jalan (Studi Kasus U-Uturn Jalan. Laksda Adisucipto-Depan Hotel Sriwedari). Tugas Akhir. Yogyakarta : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Univertitas Atma Jaya Yogyakarta. Departemen Pekerjaan Umum Dirjen Bina Marga, 1997. Manual Kapatitas Jalan Indonesia, Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum. Departemen Pekerjaan Umum Dirjen Bina Marga, 20015. Pedoman Kapatitas Jalan Indonesia, Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum. Departemen Pekerjaan Umum Dirjen Bina Marga, 20014. Pedoman Kapatitas Jalan Indonesia, Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum. Hobbs, D., 1995. Perencana Dan Teknik Lalu Lintas : Univertitas Gadjah Mada Press, Yogyakarta. Mardinata, Lalu Aditiya, 2016. Pengaru U-Turn (Putas Balik Arah), Terhadap Kenerja Arus Lalu Lintas Ruas Jalan Raden Eddy Martadinata Kota Samarinda Tugas Akhir. Samarinda : Program Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Univertitas 17 Agustus 1945. Marlok, E,K., 1998. Pengantar Teknik Dan Perancanaan Transportasi (Terjemahan John K Naimin). Jakarta ; Erlangga. Munawar, A., 2006. Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. Yogyakarta : Beta Offset Oglesby,E,K Dan Hicks, R.G., 1988. Teknik Jalan Raja. Jakarta : Erlangga. Purba, H., Dan Dwi,R., 2010. Analisis Pengharu Kendaraan Memutar Arah Terhadap Tundaan Dan Antrian Dendaraan Pada Jalan Semarang Kendal Km.8.(Depan Makam Belanda). Tugas Akhir. Yogyakarta : Jurusan Teknik Sipil Dan Lingkungan Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro. Sukirman, S., 1994. Dasar-Dasa Perencaan Geometri Jalan. Bandung Nova. Suwardo Dan Iman Haryanto,2018. Dasar-Dasar Perencanaan Geometri Jalan. Univertitas Gadjah Mada. citation: TELENGGEN, DEMISON (2023) ANALISA PUTAR BALIK TERHADAP KINERJA JALAN (Studi Kasus Di Jalan Raya Solo-Yogyakarta Depan Akademi Angkatan Udara Kalasan Yogyakarta). Other thesis, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta. document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4186/1/Cover%201112220008.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4186/2/BAB%20I.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4186/3/BAB%20II.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4186/4/BAB%20III.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4186/5/BAB%20IV.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4186/6/BAB%20V.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/4186/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf