eprintid: 3918 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 10 dir: disk0/00/00/39/18 datestamp: 2023-09-13 02:57:42 lastmod: 2023-09-13 02:57:42 status_changed: 2023-09-13 02:57:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SURYANI / 710017181, DWI title: Evaluasi jalan angkut tambang berdasarkan geometri dan daya dukung material terhadap produktvitas di site 2 PT Harmak Indonesia Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, daerah Istimewa Yogyakarta ispublished: unpub subjects: TN divisions: sch_ecs keywords: Evaluasi geometri jalan tambang, daya dukung jalan tambang, produktivitas alat angkut. abstract: Jalan angkut dari front penambangan menuju stockpile area di PT. Harmak Indonesia merupakan jalan angkut dua jalur. Setelah dilakukan pengamatan di lapangan terdapat beberapa segmen yang lebar jalannya belum memenuhi standar, dan terdapat amblasan di beberapa segmen. Melalui penelitian tugas akhir ini, akan dilakukan evaluasi mengenai geometri jalan angkut berdasarkan spesifikasi alat angkut terbesar yang melewatinya. Selanjutnya dari evaluasi tersebut didapatkan hasil yang nantinya akan digunakan untuk menentukan perbaikan dan perkerasan jalan angkut tambang. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini meliputi analisa geometri jalan, daya dukung material tanah jalan terhadap beban yang melewatinya, serta terhadap produktivitas batu andesit. Penelitian dimulai dengan pengambilan data geometri aktual dan daya dukung tanah jalan (Loose gravel and sand gravel; compact sand and gravelly; very compact sand – inorganic silt soil: 12.000 lb/ft2 ). Kemudian membandingkan dengan standar teoritis, diperoleh geometri ideal (lebar jalan lurus 6,89 m, lebar jalan tikungan 10,15 m, grade maksimal 8 %, superelevasi 4 %, dan cross slope 4%). Untuk desain kecepatan alat angkut dump truck Mitsubishi Fuso HD125PS sebesar 10 km/jam kondisi bermuatan dan 15 km/jam kondisi kosongan, serta daya daya dukung material tanah yang diproleh dari distribusi beban maksimum masing-masing roda alat angkut yang lewat diatasnya yaitu sebesar 14.400 lb/ft 2 . Dapat diketahui bahwa jalan tidak akan dapat menahan beban unit yang melintas diatasnya dan jalan akan cenderung sering rusak. Berdasarkan pertimbangan, tidak terlalu disarankan untuk melakukan perbaikan perkerasan jalan, cukup dengan hanya melakukan pemeliharaan dan perawatan jalan meliputi grading, compacting dan water spraying. Namun jika jalan dalam kondisi parah, mengganggu keselamatan kerja dan diharuskan melakukan perkerasan, maka berdasarkan data CBR yang ada, ketebalan lapisan perkerasan yang dapat di berikan yaitu 3 lapis diatas subgrade, sebesar 22,8 inch. Melalui perbaikan kondisi jalan meliputi geometri jalan ideal dan daya dukung material tanah yang standar, sehingga dapat disimulasikan produktivitas alat angkut meningkat dari 14.865,82 ton/bulan menjadi 28.273,03 ton/bulan dan mencapai target produksi yang telah ditentukan yaitu 20.000 ton/bulan. date: 2022-05-12 date_type: published official_url: https://www.library.itny.ac.id contact_email: library@itny.ac.id full_text_status: restricted institution: ITNY department: Teknik Pertambangan thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Awang, S. (2004). Perencanaan Jalan Tambang, Universitas Islam Bandung. Bandung. Azwari, R. (2015). Evaluasi Jalan Angkut dari Front Tambang Batubara menuju Stockpile Block B pada Penambangan Batubara di PT Minemax Indonesia, Desa Talang Serdang Kecamatan Mandiangin Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi. Bandung: Prodi Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Bandung. Indonesianto, Y. (2019). Pemindahan Tanah Mekanis. Program Studi Teknik Pertambangan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta. Kaufman, W. &. (1977). Design of Surface Mine Haulage Roads. Saputra, A. W., Saismana, U., Hakim, R. N., & Lodong, C. (2019). Evaluasi Jalan Angkut Tambang Berdasarkan Geometri dan Daya Dukung Pada Lapisan Tanah Dasar. GEOSAPTA, 5 No.1, 13–17. Septyanto, M. &. (2017). Analisa Pengujian Dynamic Cone Penetrometer (DCP) untuk Daya Dukung Tanah pada Perkerasan Jalan Overlay. Lampung: Jurusan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Metro. Sudarsono, D. (1993). Konstruksi Jalan Raya Jakarta. Jakarta: YBPPU. Sukirman, S. (1999). Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung: NOVA. Suwandi, A. (2004). Perencanaan Jalan Tambang. Diktat Perencanaan Tambang Terbuka. Unisba. Thompson, R. (2009). Mine Haul Road Design and Management Best Practices for Safe and Cost-Efficient Truck Haulage. Australia: Curtin University of Technology, WASM, Kalgoorlie WA. Thompson, R. (2015). Principles of Mine Haul Road Design and Contruction. Forthcoming. Kementrian Pekerjaan Umum. (2010). Pemberlakukan Pedoman Cara Uji California Bearing Ratio (CBR) dengan Dynamic Cone Penetrometer (DCP). Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum. Widiastuti, A. P. (2018). Analisis Perbandingan Desain Struktur Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Empiris Dan Metode Mekanistik Empiris Pada Ruas Jalan Legundi-Kanigoro-Planjan. Yogyakarta: Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Islam Indonesia. citation: SURYANI / 710017181, DWI (2022) Evaluasi jalan angkut tambang berdasarkan geometri dan daya dukung material terhadap produktvitas di site 2 PT Harmak Indonesia Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, daerah Istimewa Yogyakarta. Other thesis, ITNY. document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3918/1/BAB%201.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3918/2/BAB%202.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3918/3/BAB%203.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3918/4/BAB%204.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3918/5/BAB%205.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3918/6/BAB%206.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3918/7/cover.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3918/15/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3918/16/LAMPIRAN.pdf