eprintid: 3900 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 10 dir: disk0/00/00/39/00 datestamp: 2023-02-02 02:58:38 lastmod: 2023-02-02 02:58:38 status_changed: 2023-02-02 02:58:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ferdion Ardiansyach Putra, 210017043 title: ANALISIS DINAMIS SISTEM KEMUDI DAN SISTEM PENGEREMAN KENDARAAN TOYOTA AVANZA TIPE G TAHUN 2011 ispublished: pub subjects: TJ keywords: : Analisis Dinamis, Sistem Kemudi, Sistem Pengereman, Otomotif. abstract: eiring dengan kemajuan zaman, kemajuan teknologi pada bidang otomotif ikut berkembang dengan pesat. Perkembangannya meliputi berbagai aspek, baik dari segi desain model, teknologi mesin, kenyamanan suspensi, keamanan dalam berkendara, dan kecanggihan teknologi lainnya yang dapat ditemui di kendaraan terbaru. Para produsen otomotif mulai berlomba – lomba untuk menambahkan fitur – fitur canggih pada mobil terbaru buatan mereka. Sistem kemudi berfungsi untuk mengatur arah laju kendaraan dengan membelokkan roda depan sesuai dengan arah yang diinginkan pengemudi. Sistem kemudi yang bekerja dengan benar akan memberikan pengendalian kendaraan yang presisi sehingga kendaraan nyaman untuk dikendarai. Sistem pengereman berfungsi untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan laju kendaraan saat diperlukan. Sistem pengereman ini sangat penting bagi keselamatan pengendara dan penumpang kendaraan saat berkendara. Jika sistem ini tidak berfungsi dengan normal bisa mengakibatkan kendaraaan akan menabrak kendaraan lain atau benda lain di depan kendaraan tersebut. Skripsi ini mencakup analisis dinamis, sistem kemudi, dan sistem pengereman Toyota Avanza tipe G tahun 2011. Hasil dari penelitian ini mencakup daya maksimal sebesar 91,7 PS lebih kecil dari spesifikasi yang dikeluarkan pabrikan. Torsi maksimalnya sebesar 134,41 Nm lebih besar dari spesifikasi yang dikeluarkan pabrikan. Toyota Avanza tipe G tahun 2011 memerlukan waktu 24,87 s untuk mencapai kecepatan maksimalnya. Toyota Avanza ini memiliki kemampuan menanjak maksimal di jalan dengan kemiringan 50,99° menggunakan gigi 1. Saat kendaraan berbelok dengan sudut δi melebihi dari 40° maka selisih sudut δo trapesium dengan sudut δo Ackerman semakin besar, ini akan menyebabkan kendaraan memiliki resiko roda akan slip ketika sedang berbelok karena tidak mencapai kondisi Ackerman yang seharusnya. Proporsi gaya rem bagian depan dan belakang dari Toyota Avanza tipe G tahun 2011 sebesar 0,425 N dan 0,576 N. Hal ini menunjukkan bahwa pengereman cenderung ke roda belakang yang artinya kendaraan akan cenderung understeer saat kendaraan di rem. date: 2022-03-23 date_type: published official_url: http://www.library.ac.id contact_email: library@itny.ac.id full_text_status: restricted institution: ITNY department: Teknik Mesin thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Atmika, I. K. (2017). Konstruksi dan Stabilitas Kendaraan. Bali: Universitas Udayana. Deajeng Prameswari, dan Yohanes. (2019). Analisa Sistem Pengereman pada Mobil Multiguna Pedesaan. Jurnal Teknik ITS Vol. 8, No. 1, Institut Teknologi Sepuluh November. Hadi, F. N. (2016). Analisa Dan Studi Eksperimen Peforma Toyota Agya Yang Menggunakan Transmisi Manual Dengan Toyota Agya Yang Menggunakan Transmisi Otomatis, PhD Thesis. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Nova, R. (2014). Modul Sistem Kemudi. Jakarta: Erlangga. Pranoto,Hadi. (2015). Efisiensi Power Engine Truck Pergerakan Dinamis Dengan Merubah Ratio Final Gear Pada Truck Kapasitas 30 Ton, Sinergi Vol.19, Universitas Mercu Buana. Saputro, Agung. W. (2021). Menganalisis Kinerja Dinamis Dan Sistem Kemudi Mobil Daihatsu Ayla Tipe 1.0 MT 2017,. Institut Teknologi Nasional Yogyakarta. Suminto. (2009). Analisis Kecepatan Kendaraan Mobil Colt L00 Solar Saat Menanajak 30° Dengan Beban Penuh Trayek Pekanbaru - Pasir Pengaraian, Jurnal Aptek, Politeknik Negeri Sriwijaya. TOYOTA. (1995). New Step 1 (Training Manual). Toyota Astra Motor. TOYOTA. (2011). Pedoman Pemilik Avanza. Toyota Astra Motor citation: Ferdion Ardiansyach Putra, 210017043 (2022) ANALISIS DINAMIS SISTEM KEMUDI DAN SISTEM PENGEREMAN KENDARAAN TOYOTA AVANZA TIPE G TAHUN 2011. Other thesis, ITNY. document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3900/1/Bab%20I.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3900/2/Bab%20II.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3900/3/Bab%20III.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3900/4/BAB%20IV.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3900/5/Cover.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3900/6/Daftar%20Pustaka.pdf