eprintid: 3698 rev_number: 24 eprint_status: archive userid: 10 dir: disk0/00/00/36/98 datestamp: 2022-04-28 02:50:48 lastmod: 2022-04-28 02:50:48 status_changed: 2022-04-28 02:50:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: KEMAL BUDI SETIAWAN, 110017075 title: ANALISIS KINERJA BUNDARAN DENGAN METODE MKJI 1997 (STUDI KASUS: BUNDARAN NGABEAN KYAI HAJI WAHID HASYIM, YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: TA keywords: Analisis Kinerja Bundaran, Prediksi 5 Tahun Mendatang, Metode MKJI 1997 abstract: Perkembangan sarana dan prasarana transportasi yang tidak seimbang dengan pertumbuhan kepemilikan kendaraan bermotor merupakan salah satu faktor penyebab menurunnya kinerja pada suatu persimpangan. Kondisi bundaran Ngabean yang tidak dilengkapi dengan APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas) menyebabkan perilaku berkendara yang tidak teratur menyebabkan rawan kemacetan. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997) digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini, pengambilan data yang dilakukan melalui survei lalu lintas untuk mendapatkan kinerja bundaran berupa arus lalu lintas total (Q), kapasitas (C), derajat kejenuhan (Ds), tundaan (T), dan peluang antrian (PA). Hasil analisis simpang didapatkan volume lalu lintas tertinggi terjadi pada pukul 16.00 - 17.00 WIB pada Hari Sabtu sebesar 2778 smp/jam. Dengan kapasitas terbesar (C) pada jalinan AB(Selatan – Utara) = 4110 smp/jam, derajat kejenuhan (Ds) terbesar pada jalinan BC(Utara – Timur) = 0,494, Tundaan bundaran total (T) = 8,072 det/smp, dan peluang antrian (PA) = 6-26 %. Sementara itu terdapat rekayasa kinerja bundaran untuk lima tahun yang akan datang dengan arus lalu lintas total (Q) = 3377,18 smp/jam, derajat kejenuhan (Ds) = 0,91, tundaan bundaran total (T) = 11,5 det/smp, dan peluang antrian (PA) = 28-60 %. date: 2022-02-22 date_type: published official_url: https://itny.ac.id contact_email: library@itny.ac.id full_text_status: restricted institution: ITNY department: Teknik Sipil thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Abubakar. 1995. Menuju Lalu Lintas dan Angkatan Jalan yang Tertib. Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta. Anshorulloh, M., dkk, 2021. Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Dengan Bundaran (Studi Kasus Bundaran Cibiru Bandung). Skripsi. Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Bawano, Bayu Tri. 2016. Analisis Kinerja Bundaran Jombor Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. Badan Pusat Statistik Yogyakarta, 2020. Jumlah Penduduk Kota Yogyakarta Tahun 2020. Yogyakarta Badan Pusat Statistik Yogyakarta, 2020. Statistik Pertumbuhan Kendaraan Bermotor. Yogyakarta Departemen Pekerjaan Umum, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Jenderal Bina Marga dan Departemen Pekerjaan Umum Jakarta. Hariyanto, J. 2004. Perencanaan Persimpangan Tidak Sebidang pada Jalan Raya. KMTS FT USU, Medan. Hendarto, S., dkk, 2001. Dasar-Dasar Transportasi, Institut Teknologi Bandung, Bandung. Hobbs, F.D. 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Indonesia. 1993. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia PP no. 43 tahun 1993 pasal 63 (2) tentang Persimpangan. Jakarta. Kementrian Pekerjaan Umum. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta. Kementrian Perhubungan. 2015. Peraturan Menteri Perhubungan PM no. 96 tahun 2015, tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, Jakarta xvi Mertayasa, I. 2019. Analisis Kinerja Bundaran Menggunakan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (Studi Kasus Bundaran Fonuasingko Kabupaten Morowali). Skripsi. Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Taduluko, Palu. Numberi, M. 2018. Evaluasi dan Analisis Kinerja Lalulintas di Bundaran (Studi Kasus Bundaran Universitas Gajah Mada). Skripsi. Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Gajah Mada, Yogyakarta. Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia No. 22 Tahun 2009 pasal 113 (2) tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta. Sahimin. 2016. Analisis Kinerja Bundaran Tiga Lengan pada jalan H.Adam Malik Program. Skripsi. Studi Teknik Sipil,Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan citation: KEMAL BUDI SETIAWAN, 110017075 (2022) ANALISIS KINERJA BUNDARAN DENGAN METODE MKJI 1997 (STUDI KASUS: BUNDARAN NGABEAN KYAI HAJI WAHID HASYIM, YOGYAKARTA). Other thesis, ITNY. document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3698/1/ABSTRAK.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3698/2/BAB%20I.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3698/3/BAB%20II.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3698/4/BAB%20III.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3698/5/BAB%20IV.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3698/6/BAB%20V.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3698/7/COVER.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3698/8/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3698/9/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3698/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3698/11/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3698/12/KATA%20PENGANTAR.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3698/13/LAMPIRAN.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3698/14/Lembar%20Pengesahan.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3698/15/LEMBAR%20PERSEMBAHAN.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3698/16/lembar%20persetujuan.pdf document_url: https://repository.itny.ac.id/id/eprint/3698/17/MOTTO.pdf