%A 710017094 Moh. Dika Dwijaya %T KAJIAN PROGRAM PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN COMMUNITY DEVELOPMENT (COMDEV) DI PT. CITRA PALU MINERALS KOTA PALU PROVINSI SULAWESI TENGAH %L ITNYREPOID3522 %K Kepuasan, Presepsi, dan Reputasi %D 2021 %X Area Kontrak PT. Citra Palu Minerals terdiri dari 5 blok terpisah, dimana prospek emas di wilayah Kelurahan Poboya Kota Palu adalah yang paling menjanjikan sehingga perlu adanya peran masyarakat untuk mendukung pertumbuhan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengkaji Program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) yang dilaksanakan oleh PT. Citra Palu Miinerals (CPM) (2) Mengetahui tingkat keberhasilan program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan perusahaan dengan cara mengukur tingkat pengetahuan masyarakat, tingkat kepuasan masyarakat dan terjadinya peningkatan reputasi perusahaan. Penelitian ini di laksanakan di 6 kelurahan, di Kecamatan Mantikulore, Kota Palu. Metode penentuan sampel secara acak sederhana (simple random sampling) dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program yang dilaksanakan telah mengacu kepada KEPMEN ESDM no 1824/K/30/MEM tahun 2018 tentang Pedoman pelaksanaan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, dimana didalam aturan itu terdapat 8 bidang program yaitu pendidikan, kesehatan, pendapatan riil, kemandirian ekonomi, sosial budaya, partisipasi dalam pengelolaan lingkungan, pembentukan&penguatan kelembagaan dan infrastruktur penjang. Selanjutnya persepsi masyarakat terhadap program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan PT. Citra Palu Minerals mendapatkan kategori “cukup baik” dengan rerange 2.12 atau setara dengan 53 %, untuk aspek kepuasan masyarakat memiliki hasil “cukup baik” dengan rerange 2.36 atau setara dengan 59% dan sedangkan untuk reputasi perusahaan mendapatkan kategori “cukup baik” dengan rerange 2.76 atau setara dengan 69%. Adapun skor yang didapatkan dari hasil penelitian ini disebabkan kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang kegiatan program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, sehingga masyarakat menilai bahwa kontribusi dari keberadaan perusahaan dalam program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat belum sepenuhnya sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan hasil Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software AMOS didapatkan hasil bahwa pengetahuan masyarakat terhadap program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat memiliki pengaruh pada peningkatan tingkat kepuasan masyarakat dengan nilai 0.24, serta tingkat pengetahuan masyarakat terhadap program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat tidak memiliki pengaruh pada peningkatan citra perusahaan karea memiliki nilai -0.02, dan tingkat kepuasan masyarakat terhadap program pengembangan dan pemberdayaan masyrakat memiliki pengaruh pada peningkatan citra perusahaan karena mendapatkan nilai 0.34. %I ITNY